10 Cara Mempromosikan Blog Tanpa Mengeluarkan Uang


      Halo Sobat, Bagaimana kabar kalian? sehat kan? tetap semangat ya walaupun diterpa banyak ujian, oke kali ini penulis akan membagikan cara promosi untuk blog tanpa uang alias gratis, hal ini bisa kalian lakukan tanpa mengelurkan uang sedikitpun hanya perlu niatan dan tindakan nyata, hal ini diperuntukkan bagi kalian yang masih belum punya modal saat blogging, kalau kalian sudah punya modal ya lain ceritanya kalian bisa menggunakan modal tersebut untuk mempromosikan blog yang tentunya akan lebih mudah dan lebih cepat tetapi tetap harus memperhatikan strategi dalam pemasaran nya juga, agar kocek yang kalian keluarkan tidak sia-sia kawan.
      Ngomong-ngomong tentang cara mempromosikan blog ini tidak ada syarat khusus untuk melakukan nya dan cukup mudah untuk dilakukan tetapi harus tetap diingat kalian tidak boleh melakukan spamming karena hal itu akan dianggap mengganggu dan bisa saja suatu hari nanti blog anda sudah di "blacklist", sehingga kalian akan semakin kesulitan dalam mempromosikan blog anda di kemudian hari.
     Jadi pada intinya tetap lakukan promosi ini pada porsinya tidak perlu berlebihan, perlahan-lahan tapi pasti :), Oke kalau begitu kita langsung saja, ini dia:

1. Share di Sosial Network



   Cara yang pertama ini mudah dilakukan, karena kalian hanya perlu memiliki akun sosial Network dengan memiliki akun sosial Network anda bisa membagikan blog anda melalui akun sosial Network tersebut, jika dirasa masih kurang puas dengan membagikan di halaman anda saja, anda bisa bergabung dengan grup-grup yang memang tempat berbagi tentang blogging dengan bergabung dengan grup-grup tersebut kita tidak hanya bisa mempromosikan blog kita, tetapi kitapun bisa mendapatkan solusi-solusi dari para anggota disana terkait dengan kegiatan blogging ini.
 Adapun yang perlu diingat jika kita bergabung dengan grup tersebut adalah jangan membuat spamming terkait blog kita, karena dengan melakukan spamming bisa saja postingan kita yang selanjutnya tidak ditanggapi atau mungkin yang lebih parah lagi anda mungkin bisa di 'kick' dari grup tersebut

2. Share di Forum

   

  Cara ini mungkin mekanismenya tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama karena kita membagikan link blog kita berbagai forum yang ada dengan kita membagikan blog kita ke suatu forum, bukan tidak mungkin ada orang-orang yang tertarik dengan blog kita dan mengklik link blog kita, tetapi untuk di forum jika memang tidak ada bahasan/thread untuk saling menukarkan link blog secara bebas, maka jangan lakukan sharing blog di bahasan yang tidak ada kaitan nya dengan blog kita, karena walaupun hanya satu tetapi tidak sesuai dengan isi bahasan maka akan dianggap spam dan tidak digubris.
         Maka bijak-bijaklah membagikan Link blog kita ke dalam isi bahasan yang relevan dengan blog kita, sehingga anggota forum pun akan tertarik dan juga dapat bermanfaat untuk anggota forum tersebut.

3. Melalui PPT Template/Word Template

    Cara ini cukup berbeda dengan yang lain, karena cara ini menggunakan karya kita sendiri yaitu dengan cara membuat template Word/ Power Point, dengan kita membuat template tersebut kita bisa memberikan credit pada template tersebut yang menautkan nya dengan link blog kita, kalian bisa meng upload Template PPT/Word di berbagai file host yang tersedia atau bisa baca 10 Website Terbaik Untuk Upload dan Download File, dengan begitu jika template kalian dipakai oleh seseorang maka selain bisa bermanfaat bagi orang lain dan juga sekaligus mempromosikan blog kita.

4. Melalui Blog/Web Template

   Cara ini mungkin adalah yang paling sulit untuk dilakukan jika belum mengerti bahasa pemrograman Web sama sekali seperti [CSS,HTML,Javascript,PHP,dll], bagi kalian yang sudah mahir bahasa pemrograman web tersebut tidak ada salahnya untuk mencoba membuat blog/web template dan setelah template tersebut selesai, kalian bisa membagikan nya serta menyertakan kredit pada template tersebut yang tentunya credit tersebut menautkan nya pada blog kalian, cara ini cukup ampuh jika kalian bisa membuat template yang memang menjadi primadona para blogger saat ini.

5. Tukar Menukar Link

     Tukar menukar link partner blog/web sering kali dilakukan oleh banyak blogger, banyak alasan nya tapi tujuan utamanya tetap untuk mempromosikan blog, cukup mudah saja untuk bisa tukar menukar link antar blog ini kalian tinggal mencari blog teman yang bisa kalian temukan di situs sosial network atau forum - forum yang dimana blog mereka masih dalam status berkembang, karena biasanya beberapa blog yang sudah sukses tidak mau menukar link dengan blog kita yang dirasa masih berkembang, karena dianggap akan terlalu menguntungkan blog kita yang masih berkembang.

        Mekanisme dari tukar menukar link ini sangat sederhana, kalian tinggal cari blog lain lalu negosiasi untuk menukar link jika negosiasi berjalan lancar kalian tinggal menanamkan link blog orang lain di blog anda dan blog lain menanamkan link blog anda

6. Menjadi Guest Blogger

        Apa itu Guest Blogger? Guest Blogger atau Blogger tamu adalah orang yang menulis artikel di blog milik orang lain tidak semua blog menerima Blogger tamu ini, karena ada beberapa dari blogger ini yang lebih memilih untuk tetap menulis dengan penulis asli mereka, supaya artikel kalian bisa di terbitkan di blog yang menerima blogger tamu ini, artikel kalian harus memenuhi kriteria mereka dan tentunya artikel yang menarik yang bisa menarik keuntungan bagi mereka.

        Lalu bagaimana cara kita mempromosikan blog kita dengan cara ini? ya saat artikel kita dibuat biasanya pihak blog yang menerima jasa blog tamu ini mengizinkan untuk kita menautkan link kita di artikel yang kita buat, berapa jumlah linknya itu tergantung pada ketentuan blog tersebut, tetapi dengan cara ini sama-sama saling menguntungkan bukan?

7. Share melalui Chat/Broadcast

       Dewasa ini, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang memudahkan kita untuk membagikan artikel kita, seperti Whatsapp, Line, BBM, dll. Kemudahan-kemudahan dari aplikasi tersebut memberikan peluang bagi kita untuk membagikan artikel kita, hanya sekarang tinggal kita saja harus dilakukan di saat yang tepat dan momen yang tepat karena jika kita membagikan artikel kita dengan berlebihan, bisa saja dianggap spamming dan malah membuat blog kita terkesan buruk.

          Berbagai kemudahan kita dapatkan di era ini, tinggal tekad dan tindakan kita saja yang perlu untuk ditingkatkan.

8. Melalui Video

      Melalui Video? emang bisa? ya tentu saja hal itu bisa dilakukan, kita hanya tinggal membuat video orisinil karya kita sendiri lalu mengupload video tersebut, lalu kita tarik penonton untuk menonton video tersebut atau mendownload video tersebut, lantas bagaimana caranya mempromosikan blog kita dari situ? ya kita bisa berikan efek sub berjalan pada video tentang alamat blog kita atau pada akhir video kita bisa sertakan Credit. Mudah bukan?

9. Melalui Gambar

     Mekanismenya sama dengan membuat video, kita hanya perlu membuat gambar lalu pada gambar tersebut kita bisa berikan watermark blog kita/alamat blog kita, cara ini cukup sederhana untuk dilakukan tetapi kadang-kadang ada saja penghalang untuk melakukan nya seperti kurang ide gambar apa yang akan dibuat dan juga niat yang tiba-tiba menghilang.

10 Melalui Komen di Blog lain

      Ini cara yang bisa disebut blog walking, yaitu dengan cara mengunjungi blog milik orang lain lalu melihat bahwa ada kekurangan materi pada blog tersebut, kita bisa memberikan komentar pada penulisnya dengan memberikan blog kita sebagai referensi, selain kita bisa mempromosikan blog kita, kita juga bisa ikut memberikan manfaat bagi pembaca dan penulis blog yang bersangkutan tersebut.


Sebenarnya masih banyak cara untuk mempromosikan blog ini, tetapi yang perlu diingat bahwa promosi itu boleh tetapi tidak boleh sampai melalukan spamming dan menganggu orang yang lain, karena kita hidup berdampingan jadi harus menghargai satu sama lain :)

Cara promosi Blog gratis, Cara Promosi Blog mudah, Promosi blog gratis, promosi blog gak bayar
....
....
Ya itulah 10 Cara Mempromosikan Blog Tanpa Mengeluarkan Uang, semoga bermanfaat:)

15 Comments

  1. thanks lgsung nerapin nih, moga berhasil, infonya..

    ReplyDelete
  2. makasih infonya gan lumayan nih buat pemula

    ReplyDelete
  3. Naruh link di box comment bukannya dinilai spam gan?

    ReplyDelete
  4. Bukkannya naruh link di box comment nanti di anggap spam?

    ReplyDelete
  5. boleh juga nih triknya, nice info

    ReplyDelete
  6. selama ini mungkin yangumum dilakukan adalah poin 1 dan 10 menurut saya, karena cara itu tergolong cukup mudah

    ReplyDelete
  7. berbagai cara share link blog sudah dilakukan, tapi tetap saja kak visitor nya banyak nya pas kita share aja tu link. besoknya mah kaga ada lagi pengunjung. huhuhu

    mampir ditempat aku ya kak di drakorku-id

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung share link nya, kalo asal-asalan tanpa prospek jangka panjang ya ramenya pas itu aja.

      Tapi kalo mau jangka panjang lakukanlah SEO, caranya cukup mudah dengan kita mengincar halaman satu search engine seperti google untuk meningkatkan pengunjung.

      Untuk caranya bisa lihat di artikel saya melalui label SEO di blog ini, terimakasih :)

      Delete
  8. Berapa lamakan untuk melihat hasilnya??

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post