Cara Daftar dan Verifikasi Blog/Website Ke Webmaster Tools


   Halo sobat, kali ini penulis mau nulis sesuatu nih yang bisa bermanfaat untuk blog/web kita, yaitu cara mendaftarkan blog/web kita ke Webmaster tools, tentunya yaitu Google Webmaster tools.

    Dengan kita mendaftar di Google Webmaster tools, banyak hal bisa kita monitor seperti lalu lintas trafik ke blog/website kita dan keyword-keyword yang biasa atau paling sering digunakan untuk mengunjungi blog/website kita, sehingga kita bisa mengoptimasinya agar meningkatkan trafik di blog kita.

Sebelum kita, kepada topik bahasan ada baiknya kita mengetahui manfaat-manfaat dari google webmaster tools ini:

1. Analisa Pencarian

        Fitur ini, bisa membuat kita tahu berapa banyak klik yang terjadi dan mengarah kepada blog kita tentunya klik yang berasal dari google itu sendiri, selain klik juga ada hitungan impresi yang terjadi di google,  yang di halaman tersebut ada link yang mengarah ke blog kita juga tetapi tidak sampai terjadi klik yang mengarah kepada ke blog kita.

2. Mengetahui Jumlah Link ke Blog/Web Kita

       Di dalam Google Webmaster tools sendiri kita bisa liat berapa jumlah link dari web/blog lain yang tertaut kepada blog kita dan juga kita bisa melihat nama situs-situs mana saja yang di dalamnya tertaut link blog kita, ini bisa menjadi parameter juga untuk mengetahui berapa jumlah backlink yang dimiliki oleh blog kita.

3. Fitur "Fetch as Google"

      Fitur ini juga menjadi salah satu unggulan dari google webmaster tools, karena dengan fitur ini web kita bisa langsung di index oleh google, sehingga link blog atau link postingan kita yang kita daftarkan akan langsung terindex di google.
Meskipun begitu, url yang kita daftarkan di google webmaster tools dengan fetch as google ini, tidak bisa langsung naik ke page one secara instan,  ada banyak faktor yang mempengaruhi agar postingan kita bisa masuk page one. Jadi untuk bisa masuk page one tidak hanya faktor indexing yang kita lakukan, tapi banyak hal lain yang harus kita penuhi.


4. Deteksi Malware, Error, dll.

       Keuntungan yang lain juga kita bisa mengetahui, jika ada suatu malware atau suatu hal error teknis lain yang berada di blog/web kita, biasanya google webmaster tools akan memberikan kita suatu peringatan.
Sehingga kita bisa dengan cepat mencari solusi dan mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di atas beberapa manfaat dari google webmaster tools, sebenarnya masih banyak dan mungkin lain kali akan ditambah lagi.

Kita langsung saja ke intinya yaitu cara daftar dan Verifikasi Blog/Website kita ke Google Webmaster Tools:
  • Klik Link nya disini 
  • Lalu Klik Add Property
  • Masukkan Url Blog/Website kita
  • Pilih Tab Alternate Method
  • Pilih "HTML Tag"
  • Copy kode yang disediakan
  • Masuk Ke Dashboard Blogger kita
  • Pilih Tab Theme> Edit HTML
  • Paste kan kode tersebut setelah kode <head>, lalu "Simpan Tema"
  • Lalu Klik Verify di Google Webmaster tools
  •  Selesai, maka bisa klik continue
    Maka kita telah berhasil mendaftarkan  dan memverifikasikan Blog/Website kita ke Google Webmaster tools dan bisa mulai menggunakan fitur-fiturnya, tetapi ada beberapa fitur yang belum bisa digunakan dan seiring berjalan nya waktu, maka fitur tersebut akan terbuka dikarenakan google masih mengambil informasi tentang blog/website kita.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat :)

7 Comments

  1. Setuju gan, Google Webmaster menjadi solusi agar web semakin terintegrasi dengan Search Engine khususnya Google

    ReplyDelete
  2. gan, semisal kita gak daftar di webmaster tool ini, apa resikonya ke blog kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. resikonya blog kita jadi lebih profesional, bisa kita jelajahi lalu lintas trafiknya :)

      Delete
  3. thank you gan tutorialnya lengkap dan jelas ga setengah setengah thank you gan

    ReplyDelete
  4. Thanks gan infonya😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post