Artikel Susah Masuk Halaman Satu Google? Ini Dia Solusinya!

  Merasa sulit masuk Page One Google? udah ngikutin SEO tapi tetep aja ga masuk halaman satu? wow memang ya rasanya sakit ya jika terus-terusan mengejar suatu hal tapi ga dapet-dapet hehe tetapi sebenarnya banyak cara bisa dilakukan jika ingin memasuki halaman satu google.

Bagi kalian yang masih sakit hati tetap terus berjuang karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, jadi jangan sampai putus asa ya kawan :)
  

        Terlepas dari semua hal itu, apa si biasanya tujuan kalian untuk membuat artikel kalian masuk di halaman satu google? ya sebenarnya mudah aja, jika kita spesifikan dan kita persempit, pasti tujuan utama nya ya buat ngedatangin visitor, biar konten kita bisa dibaca banyak orang, biar bermanfaat lah hidup kita, kali ini penulis mau ngasih solusi nih yang mungkin kalian bisa praktekan agar artikel kalian masuk halaman satu google.
 
  Yuk langsung aja kawan, gimana si caranya? yuk simak...


1. Buatlah Konten/Artikel Original dan Berkualitas

     Konten/Artikel Original dan berkualitas sangatlah penting, agar memberikan sesuatu yang tidak membosankan bagi pengunjung ya supaya betahlah pengunjung. 

Karena kita memberikan sesuatu yang berbeda dari blog/web yang lain, meskipun saya rasa konten original 100% itu tidak ada, pastinya kita terpengaruh atau termotivasi oleh suatu hal yang berdasar pada pengalaman. 

Sehingga kita bisa menuliskan konten yang berbeda dari yang lain.


   Konten/Artikel original juga sebenarnya memberikan banyak manfaat untuk kita, jadi jangan sungkan untuk membuat konten original karena banyak manfaatnya untuk kita, yang bisa menjadi ajang latihan kita juga untuk menjadi penulis yang handal.


Tetapi, banyak juga blog di luar sana yang sudah menyajikan karya original dari penulis tetapi masih sulit masuk page one. Kenapa? Karena konten mereka kurang berkualitas!

ya biasanya blogger seperti ini, mengincar Content Rich (kekayaan content) yaitu sebatas dengan memasang postingan yang banyak karena dianggap blog yang konten nya banyak berarti kaya akan konten, ya memang tidak salah. Tetapi kurang tepat!

Kekayaan konten yang dimaksud adalah banyaknya informasi yang berada pada sebuah artikel, sudah ditekankan bahwa yang dimaksud adalah kekayaan konten akan informasi bukanlah kekayaan artikel yang dimiliki

Jika masih bingung apa perbedaan artikel dan konten, gambar di bawah ini mungkin jadi petunjuk

Sudah jelas mana artikel mana konten, ya artikel itu adalah keseluruhan dari konten dan konten adalah isi dari artikel itu sendiri.

Yang kita bicarakan disini bagaimana masuk ke halaman satu google terlebih lagi urutan teratas, maka Rich Content dibutuhkan, kekayaan konten yang dimaksud bukanlah asal-asalan memperbanyak kata. Tetapi memberikan informasi yang berguna bagi pengunjung.

Lain halnya jika kita ingin menaikan visitor maka kekayaan konten dan kekayaan artikel dibutuhkan. Semakin banyak artikel di blog kita dan kekayaan konten di blok kita maka semakin banyak juga pengunjung yang mengunjungi blog kita.

Lalu bagaimana cara agar artikel original kita bisa lebih baik daripada artikel yang lain nya yang dimiliki oleh kompetitor, maka lakukanlah monitoring!

Carilah artikel sejenis dari web kompetitor dan buatlah lebih bagus dari artikel tersebut! jika sudah memiliki konten/artikel original yang lebih bagus daripada yang lain, maka page one google posisi teratas bukan lagi angan semata!

Terlebih lagi google selalu melakukan update kepada algoritma nya dan yang sekarang ditekankan adalah artikel yang lebih baik daripada yang lain.

Bukan nya membuat artikel original apalagi berkualitas itu sulit? pada awalnya memang sulit! tetapi seiring pengalaman dan ilmu yang didapatkan maka perlahan-lahan tapi pasti kesulitan itu bisa dikurangi.

Untuk membuat artikel berkualitas ada salah satu poin penting yang harus diperhatikan:
  • Kerapatan Konten
Kerapatan? maksudnya apa? yaitu jarak antara paragraf dan banyaknya baris antar paragraf perlu diatur, paragraf yang memiliki banyak baris yang bertumpuk, akan menjenuhkan pembaca, sehingga konten tidak dibaca dengan seluruhnya.

Sayang bukan? Artikel kita sudah berkualitas tetapi tidak dibaca sampai penuh, apalagi tidak membaca poin penting yang diberikan, karena itu pengaturan baris per paragraf juga dibutuhkan, itu tergantung daripada anda untuk mengatur baris per paragraf.

Yang penting enak dilihat dengan mata kita dan juga visitor, sebisa mungkin memberikan form "keluhan visitor" yang bertujuan untuk mendengarkan juga masukan dari visitor.

Jika sudah membuat artikel/konten original yang berkualitas kalian bisa masuk kepada poin-poin yang selanjutnya :
 
2. Cari atau Buat Template Blog/Web yang Baik

     Template yang responsive yang user friendly yang loading nya cepat sangat berpengaruh juga terhadap hal ini, karena google pun ingin memberikan kepada pelanggan nya sesuatu yang terbaik, sehingga google pun akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan nya seperti mengarahkan kepada mereka blog yang memiliki template terbaik, sehingga para pelanggan nya akan merasa nyaman dan terus memakai jasa google sebagai mesin pencari.

Karena itu template yang baik akan cukup berpengaruh tidak hanya pada ranking di google, tetapi berpengaruh pada visitor nantinya, ketika visitor tersebut tahu bahwa blog kita memiliki template yang sangat tidak user friendly meskipun artikel kita berada di posisi paling atas.

Biasanya link kita tidak akan di klik dan dibiarkan begitu saja dan terus menerus akan mengalami penurunan rank, sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan template yang User friendly dan SEO Friendly, walaupun kalian sudah menggunakan template yang friendly, ada beberapa poin juga yang harus diingat:

  • Gunakan Widget Seperlunya
  • Iklan yang Friendly
Kita masuk dulu kepada poin pertama yaitu widget, menggunakan widget memang baik jika pada aturan yang benar, yaitu widget yang memang bisa menjadi penunjang bagi visitor untuk berinteraksi lebih terhadap blog kita.

Tetapi sering kali salah kaprah dalam menggunakan widget ini, widget yang awaln nya dibuat untuk menghias blog malah berakhir menjadi sampah yang berserakan di blog, karena saking terlalu banyaknya maka membuat loading blog menjadi berat sehingga pengunjung pun banyak yang kabur dari blog

Widget seperti pop up pun sebenarnya cukup mengganggu, apalagi beberapa blog yang membuat pop up untuk sosial media misalnya.

Terlebih lagi jika memberikan waktu agar pop up tersebut tertutup itu sebenarnya bisa menjadi bumerang, karena malas untuk menunggu biasanya visitor malah kembali ke search engine. Benar bukan?

Ketika visitor tersebut kembali ke search engine itu akan membuat bounce rate link artikel tersebut naik dan bisa menurunkan rank nya di search engine.

Jadi untuk apa membuat count down time seperti itu? saya rasa itu tidak perlu.

Ada kasus yang memang cukup menggelikan, ketika kita "mau" meluangkan waktu untuk menunggu count down time tersebut selesai, tetapi pop up tersebut tidak mau tertutup juga, tombol close pun tidak ada, dalam hati visitor mungkin sudah campur aduk" kesel iya ngakak iya".

ya tapi itulah suatu yang kadang tak bisa dihindari oleh para visitor.

Pop up widget pun sebenarnya bisa dikondisikan dengan bijak, misalnya pop up tersebut langsung diberikan tombol close, atau pop up tersebut diberikan kondisi untuk muncul tiap beberapa waktu sekali per IP, itu saya rasa lebih bijak dan tidak mengganggu bagi para visitor

Kita masuk kepada hal yang kedua, yaitu iklan. Iklan bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan dan menjadi malapetaka bagi para blogger, sisi menguntungkan nya kita bisa mendapatkan keuntungan dari pemasang iklan di blog kita tersebut, yang banyaknya berbanding lurus dengan banyaknya visitor kita.

Keuntungan juga tidak hanya untuk para blogger tetapi kepada para visitor juga, bisa saja dari iklan yang kita pasang di blog kita, itu bisa menjadi sesuatu hal yang dicari-cari oleh para visitor kita.

Seperti halnya visitor kita sedang mencari sebuah kursus dan untungnya saat itu iklan yang tengah terpasang adalah iklan kursus dan bisa menjadi pemecahan bagi visitor yang datang di blog kita. Bermanfaat bukan?

Selain bisa mendapatkan keuntungan dari iklan, kita bisa mendapat malapetaka, karena hasrat dari ingin mendapatkan lebih dari iklan yang ada di blog kita, kita memasang banyak sekali kode unit iklan terlebih lagi jika sembarangan memasang kode iklan.

Kode iklan yang berasal dari penyedia iklan yang sembarangan dan tidak profesional juga bisa jadi adalah sebuah malware yang bisa menyerang PC blogger dan visitor, karena itu maka kita harus selektif dalam memilih penyedia iklan juga, karena itu iklan mandiri mungkin adalah hal yang paling aman.

Apa itu iklan mandiri? iklan mandiri merupakan iklan yang kita ajukan sendiri tanpa pihak ke tiga seperti penyedia iklan, jadi lebih aman kita hanya memasang gambar dan link yang mengarah langsung ke web/blog yang dituju. Cara yang satu ini mungkin yang paling aman untuk pemasangan iklan

Selain ditakutkan pada serangan malware/virus, iklan yang terlalu banyak pada blog juga membuat jenuh para visitor, terlebih lagi iklan yang bersifat pop up, pop under dan segala jenis pop lain nya, ini merupakan tipe iklan yang sangat dibenci oleh pengunjung, pengunjung tidak akan betah lama-lama untuk membaca artikel di blog yang dipenuhi oleh iklan-iklan seperti itu.

Iklan-iklan yang terlalu banyak di suatu blog juga merupakan alasan para pengunjung memasang 'Ad Blocker' jadi pemasangan Ad Block pun sebenarnya adalah kesalahan para blogger, yang terlalu rakus ingin mendapatkan penghasilan lebih dari iklan, jadi iklan yang ramah adalah iklan yang berbentuk banner dengan penempatan yang tersusun secara rapi sehingga tidak menganggu pengunjung

Jadi jika ingin pengunjung betah dan ranking di google bisa naik atau mempertahankan ranking tersebut, maka widget dan iklan harus tersusun secara rapi dan tidak dalam bentuk yang mengganggu pengunjung, karena itulah untuk mengatur widget dan iklan diperlukan Template yang baik.

Mungkin bagi yang memang mahir dalam hal coding menyusun rapi kode iklan dan widget bukanlah sesuatu yang rumit, tetapi tidak semua blogger atau web owner bisa melakukan nya, karena itu bisa membeli atau menggunakan template yang sudah memiliki perencanaan terhadap kode iklan dan widget ini.

Jika masih kebingungan bisa menghubungi pembuat template sebagai alternatif jalan keluarnya, karena pembuat template pastinya orang yang mahir dalam struktur koding bahasa pemrograman web ini.

Baca Juga: Tempat Download Template Untuk Blogger    

3. Bangun Backlink yang Berkualitas

     Saya sendiri tidak tahu cara ini akan berhasil atau tidak, karena google sendiri dari beberapa sumber yang saya dapat sudah tidak mengandalkan backlink yang dimiliki suatu web/blog sebagai prioritas lagi, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? karena backlink juga memberikan banyak keuntungan buat kita, seperti adanya visitor yang mengarah langsung ke website kita dari web yang link kita tertaut disana.

Tetapi,  Melakukan Spam Link pun akan berbahaya untuk kita. Bisa-bisa blog kita dalam kasus tertentu diabaikan oleh mesin pencari dan juga terkena jingling oleh tangan-tangan jahil.

Lalu Backlink bagaimana yang aman? Backlink yang memang diberikan dengan rekomendasi oleh suatu blog, karena artikel kita.

Bukan nya susah? Ya memang susah dan perlu usaha extra tapi itu tidak terlalu sulit jika si pemilik blog mengenal kita dengan baik

Yak mudah bukan? kalau si pemilik blog mengenal anda dengan baik, tetapi kita tidak bisa bertukar link begitu saja, kita perlu artikel unggulan di blog kita.

Supaya, Link yang direkomendasikan ke blog kita, memang keinginan blog orang lain yang ingin merekomendasikan artikel kita. Karena dirasa memang memiliki informasi yang berkualitas.

Jika artikel yang direkomendasikan adalah artikel yang terkesan asal-asalan maka itu hanya akan memperburuk citra blog dan juga blog orang lain yang merekomendasikan artikel kita.

Apakah Backlink hanya bisa didapatkan dengan cara seperti itu?

  Tidak, backlink tidak hanya bisa didapatkan dengan cara seperti itu saja, hanya saja cara yang seperti ini adalah cara yang alami yang memang didasarkan dengan "manfaat artikel". Karena itu poin nomor 1 di atas poin paling penting yang membahas tentang artikel original dan kualitasnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink seperti halnya komentar di blog orang lain, spam link di komentar blog dan lain-lain.

ya cara itu saja, bisa membuat visitor kita bertambah, kenapa? karena bisa saja ada yang mengklik artikel kita saat mengunjungi blog tersebut melalui kolom komentar, entah klik untuk sekedar penasaran atau yang lain nya.

Tetapi jika halnya klik untuk iseng itu yang berbahaya, visitor sama sekali tidak tertarik dengan konten, maka setelah mengunjungi blog kita mereka akan langsung pergi dan menaikkan bounce rate! itu yang berbahaya!

Bounce rate naik berarti rank artikel kita dimata google ikut menurun! karena itu gunakan template yang friendly dan enak dipandang agar jika terjadi klik visitor asal-asalan mereka akan berdiam diri lebih lama, karena betah dengan template kita (Kembali Ke Nomor 2).

Sekali lagi, saya tidak melarang anda untuk menggunakan cara tersebut untuk mendapatkan backlink, tetapi resiko tetap ditanggung kalian masing-masing, karena cara tersebut bisa saja berhasil ataupun gagal, saya tidak bisa menjamin keduanya.

Tetapi, jika ingin cara yang aman saja gunakan cara yang alami seperti merekomendasikan artikel kita, karena memang memiliki relevansi dengan artikel orang lain tersebut.

Lalu apakah masih ada cara aman lain nya untuk mendapatkan backlink? ya masih ada, seperti halnya:
  • Jadi Guest Blogger
  • Template Blog/Web
Sebenarnya masih ada beberapa cara selain di atas, tapi saya akan jabarkan dua saja.


Yang pertama, Guest Blogger, Guest Blogger merupakan kegiatan submit artikel di blog orang lain dan menautkan link blog kita sebagai simbiosis mutualisme

 Selain mendapatkan Backlink kita juga mendapatkan visitor, terlebih lagi jika blog tersebut memiliki visitor yang banyak. Tetapi itu pun tergantung dari seberapa bagusnya kualitas artikel kita (Kembali ke nomor 1)

Tetapi perlu diingat tidak sembarang blog bisa dijadikan tempat untuk Guest Blogger, ya blog yang memang memiliki kualitas rendah untuk apa dijadikan tempat untukguest blogger kan? Selain tidak mendapatkan visitor lebih backlink nya pun ga jelas dan belum tentu berkualitas! Guest Blogger di blog kualitas rendah hanya membuat lelah saja!

Tetapi, jika itu partner kalian dan kalian mengetahui nya dengan baik, tidak ada masalah dengan melakukan guest blog disana, kalian bisa bersama-sama membangun blog dan trafik, karena dilain hari atau di waktu yang akan datang blog tersebut bisa menjadi blog yang memiliki rank yang tinggi!

Kita beralih, kepada poin kedua yaitu Template Blog/Web, Apa maksudnya?

Maksudnya adalah kita membuat sebuah template dan membagikan nya dengan gratis, dan kita mendapatkan backlink dari credit template yang kita buat tersebut!

Ya, mengerti bahasa pemrograman web sangat  penting disini! kalian mengerti dan design template kalian bagus dan user friendly maka banyak backlink pun bisa didapatkan!

Cara ini saya rasa aman-aman saja, karena template itu dibuat oleh kita dan orang dengan senang hati menggunakan template kita sebagai timbal baliknya mereka memberikan backlink terhadap kita! saya rasa itu adalah simbiosis mutualisme, ya kita kesampingkan dulu pada tangan jail yang menghapus link credit pada suatu template free.

Lalu bagaimana template yang disukai oleh para blogger:
  • Simple
  • User Friendly & SEO Friendly
  • Responsive
  • Eye Catching
  • Fast Loading
  • dll
Ya sebenarnya masih banyak lagi, tetapi mendapatkan nya sekaligus adalah hal yang sulit, tetapi saya tekankan kepada poin 2, 3, dan 5.! ( Bisa Baca Nomor 2 Kembali)

Lalu bagaimana dengan mendapatkan backlink dari submit PDF docx dan lain-lain? 
Sejujurnya saya tidak tahu cara ini berguna atau tidak, tetapi bisa dicoba dan yang perlu diingat adalah mengedepankan kualitas PDF yang diberikan bukan semata-mata untuk mendapatkan backlink saja!


4. Perbanyak Interaksi di Blog kita

        Perbanyak Interaksi di Blog kita berarti, perbanyak datangkan visitor secara manual seperti menyebarkan link blog kita berbagai forum, sosial nerwork, dan web-web lain. Tetapi ingat jangan melakukan spamming karena nantinya hanya akan memberikan efek negatif terhadap blog/web kita, dalam penyebaran link blog kita harus dilakukan dengan secukupnya jika dirasa memang sudah berlebihan maka bisa kalian hentikan sendiri, demi menghindari efek negatif yang akan ditimbulkan.


5.  Riset Keyword

        Riset Keyword merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk bisa masuk ke halaman satu google, yaitu dengan cara melihat seberapa banyak keyword tersebut dicari di pencarian atau mesin pencari, dengan kita melihat seberapa banyak keyword tersebut dicari, kita juga bisa memperkirakan seberapa besar kemungkinan akan mengunjungi artikel kita walau tidak berada di urutan teratas halaman satu google.

        Melakukan Riset Keyword salah satunya bisa dilakukan dengan cara menggunakan tools google sendiri yaitu Google Keyword Planner, menggunakan tools ini sudah pasti bukan kita akan dapat yang akurat, karena data ini merupakan data yang google berikan sendiri pada kita.

6. Cek Persaingan Keyword

          Ini sebenarnya yang paling penting, karena dengan melakukan Cek Persaingan keyword maka kita bisa terlepas dari banyak persaingan, tetapi kadang-kadang memang keyword-keyword yang kita gunakan malah sepi pencarian, itu juga yang menjadi penyebab kenapa visitor tidak datang ke blog kita, terlepas dari semua itu cara ini merupakan cara yang paling ampuh dari yang lain, karena kita bisa masuk halaman satu google dengan mudah.

           Juga dengan melakukan Cek Persaingan Keyword untuk bisa masuk halaman satu dengan mudah, maka kita harus membuat artikel yang memang lebih bagus dari artikel di halaman satu lain nya dengan keyword yang sama, karena google sudah pasti akan memilih artikel yang lebih baik dari yang lain. Jadi jangan takut pada persaingan keyword ini bila kita memiliki artikel yang lebih baik daripada yang lain.

Ini ada Screen Shot dari penulis, berupa bukti artikel penulis ada di halaman satu karena menggunakan metode-metode di atas

Note: Situsatom.com = siklusatom.blogspot.com
    Itu hanyalah satu dari beberapa artikel penulis yang masuk page one, jika sudah masuk halaman satu tidak penting itu ada di posisi berapa, kalian bisa terus melakukan perbaikan pada konten kita tersebut, karena dengan begitu maka konten kita pasti akan merangkak terus naik dan mungkin bisa di posisi satu halaman satu google.

Ya cara untuk masuk ke halaman satu google tidak terlepas dari usaha dan kreatifitas anda, semakin anda kreatif maka semakin cepat pula anda masuk ke halaman satu google, Happy Blogging:)

Picture By: Freepik

48 Comments

  1. mantap tips page one nya gan... boleh di coba nh..
    saya jg lg bulid blog seo nh gan http://makpaja.blogspot.com lmayan buat masukan artikel agan

    http://makpaja.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Salah satu cara yang paling efektif adalah banyak mengadakan event di blog kita. Tetapi hal ini memakan biaya yang cukup banyak karena event pasti butuh reward kan?

    ReplyDelete
  3. Mantap gan tips ini, akan saya coba deh..

    ReplyDelete
  4. cara di atas harus di coba gan, punya saya banyak yang page one karna sama cara nya kaya yang di atas :)

    ReplyDelete
  5. wah makasih gan tipsnya boleh dicoba ini

    ReplyDelete
  6. info bagus saya coba praktekan gan..

    ReplyDelete
  7. wah ini yang ane cari, lengkap!
    makasih gan

    ReplyDelete
  8. Nice post gan, trima kasih. Benar2 nambah ilmu...

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya sob, tinggal praktek (y)

    ReplyDelete
  10. Mantab gan, jgn lupa konsistensi menulis ya hohohoho

    ReplyDelete
  11. Mantaappp gan lanjutkan a.n ninonoist

    ReplyDelete
  12. Makasih tips gan,, menambah wawasan terutama dalam dunia blog

    ReplyDelete
  13. Wah, patut di coba ini .. btw thanks infonya gan.

    ReplyDelete
  14. Wah masih banyak kerkurqngan dalamnblog saya

    ReplyDelete
  15. Manfaat banget buat blog baru seperti punya saya

    Nice info

    ReplyDelete
  16. patut dicoba, come to pejwan

    ReplyDelete
  17. Thanks mantap gan

    ReplyDelete
  18. cara melakukan reset keyword gimana ya gan? gara2 ganti domain, blogku jadi down :-t

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa melalui tool gan,tool yang paling akurat google keyword planner atau tool tool yang lain bisa dicari sendiri.

      Delete
  19. makasih banget bas, jadi ada pencerahan nih

    ReplyDelete
  20. Sangat bermanfaat banget buat gue sebagai blogger baru.

    ReplyDelete
  21. bener2 sakitnya tuh disini ya, bagi seorang blogger yang belum kesampean buat page one rank di google. Masih jadi angan angan sih, eh kekejaman, masih impian dan menjadi tujuan bagi ane. Baru tau ada yg namanya spam link, emang canggih nih google.

    Nice post mas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara itu memang ada, tetapi saya pribadi tidak menyarankan nya.. saya sudah jelaskan di atas ya...

      Delete
  22. detail banget gan, tpi bukannya gampang tinggal suru google fetch sendiri di google webmaster ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fetch itu buat terindex di google, kalau buat page one perlu optimisasi ya:)

      Delete
  23. Mas, apa reputasi web juga harus bagus biar bisa pejwan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap reputasi pun harus bagus, karena jika reputasi web buruk bisa saja web tersebut masuk ke dalam Google SandBox

      Delete
  24. Nice infonya gan, saya tmbahin ya. Jngn mles untuk blajar blog klo ingin page one ;)

    ReplyDelete
  25. mantap berhasil mang
    thank's triknya

    ReplyDelete
  26. Mantap, sebagian sudah cara coba, yang belum saya praktekkan akan segera saya praktekkan, thanks.

    ReplyDelete
  27. Walah ternyata begitu ya. Tapi kenapa ya kadang blog yang kelihatanya lebih buruk (tampilan, konten, dan kualitas) bisa lebih unggul di mesin pencari?
    :(

    btw, Terima kasih informasinya, artikelnya mantap, sangat lengkap juga penjelasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa alasan untuk itu, jika para pengunjung sudah merasa terpenuhi dengan informasi pada web tersebut, maka web tersebut tetap page one.

      Dikarenakan, bounce rate yang web tersebut dapat cukup kecil.

      Karena konten yang berkualitas itu tidak bisa dilihat hanya dari kuantitasnya saja, tapi lihat lagi pada bobot informasi yang disampaikan sudah jelas atau belum. Terimakasih (o)

      Delete
  28. ngeblog itu komplit banget ya, gak ada yang instant, tetapi terkadang paling males kalau sudah dateng bosannya.

    ReplyDelete
  29. Mantep Artikelnya gan, Patut di Coba Nih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post