Cara Memasang Title Tag dan Meta Tag Beserta Manfaatnya!

Sering Dengar tentang hal ini? bagi kalangan blogger yang sudah terjun ke dunia blog bertahun-tahun pasti sudah sering dengar tentang hal ini.

Mungkin para blogger baru belum pernah mendengar tentang hal ini, tetapi ini cukup berguna untuk SEO, walaupun ini sebenarnya hanya faktor pendukung.

Faktor Pendukung? ya ini hanya faktor pendukung karena bukan faktor utama dari suatu blog untuk mendapatkan page one.


Lalu pendukung yang dimaksud apa? Yaitu pendukung agar lebih cepat masuk page one dan dikenali oleh google atau search engine lain nya.

Title Tag cukup berguna karena konten dan blog kita akan lebih mudah dikenali oleh search engine, dikarenakan kita memberikan informasi yang spesifik pada Title Tag dan Meta Tag tersebut.

Sehingga search engine akan lebih cepat mengenalinya dan meletakkan posisi index yang tepat bagi artikel tersebut, walaupun sebenarnya posisi index juga ditentukan oleh banyak hal.

Bisa Kita Umpakan Seperti Ini:

Misalkan kita adalah seorang HRD dan akan menerima karyawan baru, salah satu calon nya adalah tetangga atau saudara kita, kita pasti membantunya agar bisa masuk perusahaan kan? asal pas tes ga jelek-jelek amat biasanya dimasukin.

Begitupula dengan robot google, ketika kita publish dan sudah memakai meta tag dan title tag maka artikel kita akan lebih cepat diindeks, tetapi tidak bisa langsung masuk page one, kenapa?

karena page one itu perlu effort lebih untuk masuk (tetapi bergantung pada persaingan keyword juga), seperti halnya untuk mendapatkan posisi bagus diperusahaan perlu effort lebih.


Oke langsung masuk ke topik bahasan yang pertama adalah title tag.

1. Title Tag

       Title tag merupakan elemen HTML yang dispesifikan dengan judul halaman web, Title Tag ada di halaman search engine dan biasa kita klik untuk mengarah ke suatu website.

Title Tag dari halaman web menggambarkan atau mengartikan secara ringkas dan akurat/sesuai dengan data/artikel yang ada di web tersebut.

Kenapa Title Tag Penting?

Karena bisa memberitahu search engine jenis apa blog kalian, seperti pendeskripsian yang diberikan kepada search engine agar cepat mengelompokkan blog kita.

Ini sangat bermanfaat bagi blog baru, karena belum "kenalan" dengan search engine, tetapi mungkin bagi blog yang sudah tenar hal ini tidak terlalu penting.

Selain untuk search engine title tag juga berfungsi memberi tahu visitor tentang deskripsi blog, sehingga visitor bisa mengetahui atau mengira-ngira apa saja yang ada di blog kita.

Bagaimana Visitor Mengetahuinya?

  • Melalui Web Browser

  
 Jelas bukan? bahwa title tag terletak di atas sebagai judul tab yang membuka blog kita, sehingga dengan melihat deskripsi melalui hal itu visitor bisa mengetahui jenis apa blog kita.


Title tag tersebut bukan ada dengan sendirinya, melainkan kita tambahkan untuk deskripsi blog, bagaimana caranya? akan saya bahas setelah poin yang kedua ini

  • Melalui Search Engine


Melalui Search Engine kita bisa mengetahui title tag kita, seperti gambar di atas. Itu merupakan salah satu faktor apakah pengunjung akan klik link kita atau tidak.

Meskipun rank kita bagus dimata search engine, tetapi semisalnya kita tidak memiliki title tag bisa saja link kita dilewatkan karena tidak memiliki sesuatu deskripsi yang jelas.

Mengerti kan manfaatnya? Berikut ini saya akan berikan caranya untuk mendapatkan title tag tersebut

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title>Nama Blog Kalian | Tulis Deskripsi Kalian</title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if></b:if>

Copy kan kode di atas lalu paste kan setelah kode <head> atau di head section <head>...</head>, tetapi sebelumnya kalian harus mencari terlebih dahulu sudah ada atau belum kode <title> di blog kalian.

Jika sudah ada, hapus terlebih dahulu kode serupa seperti yang di atas, lalu pastekan code tersebut.

Tulisan "Nama Blog Kalian" tentunya diganti dengan nama blog kalian, "Tulis Deskripsi Kalian" diganti dengan deskripsi blog kalian, ganti yang memang menggambarkan deskripsi blog kalian, karena nantinya akan diindeks di search engine.


2. Meta Tag

      Bagaimana dengan Meta Tag, Meta Tag juga membantu mendeskripsikan blog kalian melalui search engine, fokus kita kali pada Meta Keyword dan Meta Description.
Meta Keyword dan description masing-masing memberikan keyword dan deskripsi kepada search engine, seperti hal nya title tag meta tag juga memberika deskripsi sekaligus keyword lebih kepada search engine.

Sehingga visitor akan lebih mengenal terhadap website kita, lalu bagaimana cara mendapatkan nya?
  • Buka Dashboard Blog
  • Klik Setelan > Preferensi Penelusuran > Lalu Edit Deskripsi

  • Selesai
Maka Meta Tag tersebut berhasil diaktifkan, apa manfaatnya? selain memberikan informasi lebih kepada search engine, meta tag ini memberikan informasi kepada sosial network.


Benar bukan? Deskripsi yang tadi dipasang telah ada para pratinjau blog di sosial network.

Selain itu, kita juga bisa mengaktifkan fitur "Deskripsi Penelusuran", Bagaimana caranya? 
  • Buat pos baru
  • Di side bar kanan ada tab berderet dan ada yang bertuliskan " Deskripsi Penelusuran"
  • Isikan apa saja yang bisa menjadi keyword pada penelusuran di search engine
  • Selesai
 Lalu ada juga yang seperti ini

 Bagaimana cara mendapatkan nya? di bawah ini ada adalah caranya:

<meta content='Masukkan Deskripsi Kalian.' name='description'/>

(Tidak disarankan Menggunakan nya) Tempatkan Kode Tersebut setelah kode <head>, atau di <head>... </head> dimana saja asal masih berada ada head section.

"Masukkan Deskripsi Kalian" Masukkan apa saja yang menggambarkan tentang blog kalian, dengan menambahkan hal-hal tersebut blog kalian akan lebih berteman dengan search engine.

Ya memang akan lebih mudah di klasifikasikan oleh search engine, tetapi untuk masuk page one banyak hal harus dikerjakan terlebih lagi jika persaingan keywordnya ketat!

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat :)

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post