Bagaimana Cara Menentukan Niche/Topik Blog yang Baik? Yuk Simak!

Bagi para calon-calon blogger yang akan berkecimpung di dunia blogger, tidak jarang yang kebingungan dengan niche yang akan dipilih, benar bukan?

Memang niche adalah sesuatu yang sangat sentral bagi para blogger karena itu bisa menjadi suatu inti dari blog itu sendiri, blog dengan niche yang jelas akan lebih optimal dibanding dengan blog yang memiliki niche tidak jelas/campur-campur (gado-gado).


Jadi Sebenarnya Niche itu apa?

Menilik tentang pengertian niche ini, blogger- blogger berbeda pendapat tentang mengartikan definisi niche ini, tetapi semuanya hanya mengarah pada satu inti yaitu "topik dari suatu blog"

Ya niche bisa dibilang adalah topik atau bahasan yang ada dalam suatu blog yang bisa menjadi ciri suatu blog dan memudahkan untuk para pembaca mengetahui jenis apa blog tersebut.

Ketika blog kita memiliki suatu niche tertentu maka itu akan memudahkan dan memotivasi pembaca untuk mengetahui artikel lain nya dengan topik serupa.

Karena blog tersebut terlihat profesional dengan hanya membahas suatu topik, tidak campur aduk yang membuat pembaca bingung.

Jika kita kondisikan kita sebagai pembaca, dan melihat blog dengan lebih 10 topik (misalkan). Pastinya kita bertanya-tanya apakah informasi yang disajikan benar-benar kredibel?

Karena jarang sekali manusia yang bisa mengerti banyak topik dan benar-benar menguasainya, karena itu untuk menjaga kepercayaan pembaca maka di suatu blog tidak perlu memiliki banyak niche.

Jadi baik mana niche campur aduk dalam satu blog atau satu blog satu niche?

Begini kita ibaratkan blog adalah perusahaan kita, manakah yang lebih baik semua kegiatan dalam satu tempat atau dibagi-bagi tiap tempat?

Tidak baik bukan jika toko baju kita di satu tempatkan dengan toko makanan? ya blog pun bisa ibaratkan dengan hal seperti itu.

lebih baik kita membedakan atau membuat blog dengan masing-masing niche topik, 2-3 topik dalam suatu blog saya rasa masih bisa dianggap wajar.

tapi jika sudah lebih dari 5 niche apalagi blog kalian adalah blog baru, saya rasa itu tidak baik karena itu tidak akan memudahkan pengunjung untuk mengetahui jenis apa blog kalian.

Lalu apakah salah jika membangun blog dengan niche yang sangat banyak? tidak sepenuhnya salah, tetapi membangun nya akan lebih sulit dan tidak efisien.

ada beberapa blog/web besar yang memiliki niche yang sangat banyak dan pengunjungnya setiap tahun bertambah, itu karena strategi yang dijalankan sangat bagus!

Tetapi kebanyakan blog dengan niche yang banyak seperti itu pada awalnya hanya memiliki 1-3 niche saja, karena brand blog/web mereka mulai naik, maka mereka mulai meluaskan topik bahasan nya.

Ketika blog/web mereka sudah terkenal pastinya sudah memiliki pengunjung tetap dan ketika tahu ada topik baru, biasanya para pembacanya akan "ngeh" dan merespon apakah niche itu cocok atau tidak.

Jadi ketika para pembaca merespon nya secara positif maka website tersebut akan merespon nya dengan terus update artikel serupa.

Tetapi jika tidak cocok biasanya artikel dengan niche tersebut tidak dilanjutkan kembali karena respon negatif dari para pembacanya.

Jadi saya sarankan untuk blog-blog baru untuk fokus kepada satu sampai tiga niche saja, ketika sudah besar baru bisa kalian putuskan sendiri untuk menambah niche atau tidak.

Lalu bagaimana mengatasi kebuntuan ide membuat artikel?

ya kebanyakan blogger pasti tahu sulitnya ketika mereka mencoba fokus untuk satu niche satu blog dan pada akhirnya memakai niche yang campur aduk untuk mengatasi kebuntuan ide ini.
Saya rasa tidak perlu gusar untuk hal ini dan nikmati proses sulitnya membuat konten, karena jika dirasa sulit berarti kita ingin memberikan sesuatu yang baik kepada pembaca.

Tentunya kita harus mencari solusi untuk hal ini
Kebuntuan ide untuk membuat artikel adalah hal yang tidak bisa dihindari, karena itu kita harus menemukan solusinya.

ada beberapa bacaan yang bisa kita gunakan sebagai referensi, yaitu:
  • Buku
  • Forum
  • Sosial Networking
  • Kursus Online
  • Belajar dari Ahlinya
 Banyak sekali sebenarnya cara yang bisa kita gunakan untuk menemukan ide, usaha kita saja kurang dan cenderung mudah menyerah dengan keadaan.
Tetapi biasanya kita walaupun punya ide yang sangat hebat-hebat tapi tidak terlaksana karena mood kita yang sedang (hancur).

Terlepas dari hal itu, satu blog satu niche saya rasa adalah sesuatu yang lebih baik dipraktikan daripada memilih niche banyak dalam suatu blog.

Ada juga keuntungan yang cukup penting jika kita membangun satu blog dengan satu niche, yaitu Link Building

  
Ini lebih mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas, tetapi dengan syarat semua blog/web yang kita bangun dapat berhasil dan sukses.
Karena blog tersebut milik kita semua, jadi tidak sulit bukan untuk menanamkan link blog kita satu sama lain? sehingga backlink pun akan tercipta.

Tetapi jika kalian tidak punya cukup waktu untuk melakukan semua itu, fokus kepada satu blog bukanlah hal yang salah.

Terlebih lagi untuk menguasai banyak topik adalah hal yang sulit dan perlu belajar topik tersebut untuk memberikan sesuatu yang berkualitas kepada para pembaca.

Lalu Niche/Topik apa yang baik untuk Blog?
 
Saya tegaskan bahwa semua niche untuk blog/website itu bagus dan semuanya berpotensi untuk berhasil asalkan usaha yang konsisten dan terarah.

Sekedar solusi dari saya untuk menentukan niche blog, yaitu:

Sesuaikan Niche dengan Passion

Kenapa demikian? karena blog itu bukanlah hal yang membuat kita untuk sukses secara instan, perlu waktu tidak hanya satu minggu atau satu bulan.

Beberapa blogger baru sukses bahkan bisa sampai bertahun-tahun, lalu kenapa mereka bertahan dalam waktu bertahun-tahun?

Itu karena menulis adalah hobi mereka dan sesuai dengan kemauan mereka, jika kita memaksa dengan topik yang tidak disukai biasanya hasilnya akan buruk.

Jika kita menulis dengan sesuatu yang disukai, kita bahkan mampu bertahan, karena itu menyenangkan dan bisa menjadi bacaan untuk diri sendiri.

Banyak sekali manfaat jika kita menggunakan niche dengan sesuai yang kita sukai:
  • Mau belajar topik tersebut
  • Menguasai topik tersebut 
  • Konsisten Menulis
  • Tahu Sumber Referensi
  • Mampu Memberikan Artikel Berkualitas
Tentunya manfaatnya masih banyak lagi, karena mau untuk belajar tentang niche yang kita sukai maka seiring berjalan nya waktu maka kita akan menguasai niche tersebut.


Ketika ada pertanyaan di kolom komentar blog kitapun mampu menjawab dan hal itupun membantu para pembaca sehingga blog/website kita mendapatkan nilai plus dari pembaca.

Memang Niche yang kita sukai bukanlah Niche yang paling banyak dicari, tetapi bukan berarti kita tidak bisa sukses.

Semua Niche pasti bisa sukses, terlebih lagi niche yang paling banyak dicari biasanya memiliki banyak kompetitor besar yang sangat sulit dikalahkan.

Karena tidak sanggup mengalahkan pesaing tersebut, pada akhirnya kegiatan menulis pun ditinggalkan karena tidak sesuai dengan ekspektasi.

Fokuslah pada Niche yang disukai karena selain banyak manfaatnya untuk diri sendiri, tetapi bermanfaat untuk orang lain, karena bisa saja kita memberikan sesuatu yang berbeda dari yang lain.
Sebagai contoh adalah Niche "Hewan Peliharaan"

Itu adalah Hasil yang didapatkan untuk pencarian "Hewan Peliharaan" disana tertera volume pencarian nya yaitu 14800 belum lagi dengan kata kunci yang lain, terlebih lagi persaingan nya yang mudah dengan rate yaitu 26/100.

Jadi semua niche itu berpeluang sukses asalkan konsisten dan terarah, serta yang paling penting adalah promosi yang benar.

Promosi harus sesuai dengan niche kita seperti promosi ke situs sosial network harus grup yang sesuai dengan topik yang kita bahas.

Kebanyakan orang "salah sasaran" hanya melakukan spam di suatu grup dan hanya mengakibatkan artikel tersebut diabaikan dan pada kasus yang terburuk kita di "kick" dari grup tersebut.

Promosi bisa di beberapa tempat seperti:
  • Website Serupa
  • Sosial Network
  • Forum-forum
Sebagai Contoh kita bisa gunakan sosial Network Google Plus

Kalian harus memilih komuniti yang memang sesuai dengan niche blog kalian agar member-member dari dalam grup tersebut bisa berinteraksi dengan kalian.

Jika kalian mengirim di asal grup bisa jadi "cacian" yang didapatkan dan berujung pada "kick", maka dari itu pintar-pintarlah dalam melakukan promosi.

Oke kembali kepada satu niche satu blog memang hal itu tidak mutlak harus dilakukan tetapi itu bisa menjadi solusi bagi kalian yang ingin mengembangkan blog/website secara profesional.

Ketika sudah terkenal saya kembalikan lagi kepada kalian untuk memperluas topik atau tidak, tetapi jika ingin memperluas topik biasanya kita akan membayar jasa penulis.

Nah membayar jasa penulis bagi blog/website yang sudah besar itu bukanlah suatu masalah, karena sudah memliki biaya dari periklanan di blog tersebut.

Tetapi bagaimana dengan website yang masih baru? karena itu saya rekomendasikan untuk menggunakan satu niche dengan topik yang kalian sukai.

Sebenarnya tidak ada hal yang pasti apakah blog gado-gado itu lebih buruk dimata SEO atau lebih baik, karena untuk mendapatkan rank yang baik di search engine banyak faktor lain yang mempengaruhinya, salah satunya kualitas konten.


Saya hanya merekomendasikan membuat artikel dengan niche yang disukai adalah agar kalian bsa menikmati kegiatan blogging dan tidak terlalu fokus pada "visitor dan uang" karena hal itu sangat memungkinkan tidak sesuai ekspektasi.

Keputusan tetap ada ditangan kalian apakah akan banyak topik dalam satu blog atau tidak, yang terpenting setiap niche pasti memiliki peluang untuk sukses!

Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat:)

23 Comments

  1. Setuju sekali dengan pernyataan yang menyatakan bahwa pilih Niche sesuai dengan yang kita suka.

    Sebenarnya ini bagus, kalau topik yang kita suka itu banyak yang suka juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul sekali, peluang pasar juga pastinya akan lebih besar, tetapi biasanya memiliki kompetitor yang banyak pula.

      Karena itu kalau topik yang kita suka ga terlalu diminati banyak orang tetap fokus pada topik itu saja, karena peluang sukses itu ada di segala topik

      Delete
  2. wah lengkap bner min, makasih infonya...

    ReplyDelete
  3. bener banget, ane ngeblog cuma buat ngelampiasin hobi nulis dan passion aja. ga fokus ama visitor ataupun ads. tapi kalau ngeblognya udah berkembang, lama-lama visitor ama hasil adsnya juga ngikut

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu gan kalau udah sesuai passion terusin aja dlu, setelah sekian lama hasilnya pasti keliatan kok hihi

      Delete
  4. Se7 gw, selain itu kita harus pilih niche yang kita banget, nulis sesuai minat dan bakat. Ga usah ikutin orang

    ReplyDelete
  5. Terkadang ane kalo satu niche suka mentok gan ga ada ide lagi buat nulis, itu cara ngatasinya gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya jelaskan di atas yaitu dengan cari referensi, kebuntuan pasti ada tapi pasti ada juga solusinya :)

      Delete
  6. Blog gue malah isinya gado-gado. Apapun yang mau saya tulis akan saya tulis. Tapi tetap sih jatuhnya ke Personal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memilih niche itu terserah kalian, saya sendiri tidak melarang blog gado-gado tetapi saya sarankan untuk melakukan spesifikasi niche agar blog terlihat lebih profesional dan mudah dipahami oleh para pembaca

      Delete
  7. Wah mantep nih gan, izin bookmark gan. Sangat bermanfaat bagi para blogger pemula seperti ane. Thanks sudah mau berbagi gan. The best pokoknya gan.

    ReplyDelete
  8. thanks min atas informasinya, cuma terkadang banyak orang lebih milih niche yang ramai pengunjung min daripada passion karena takut passionnya tidak banyak peminat

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua niche berpeluang sukses, lebih baik mengikuti passion karena kita pastinya akan bertahan karena passtion, lain halnya kita ngambil niche yang ramai karena terpaksa, karena berat saingan nya malah ditinggalin blognya, sayang bukan?

      Delete
  9. Nasib blog yang pake niche gado gado kaya blog http://taugakini.blogspot.com/

    ReplyDelete
  10. Info yang bagus, jadi makin banyak ilmu tentang menentukan niche blog

    ReplyDelete
  11. Waduh, ane gak pernah pernah cari refrensi, tapi kadang refrensinya yang dateng sendiri, all hasil nulis sendiri, menurut ane yang paling penting itu jangan copas punya orang, itu keterlaluan namanya :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. copas itu sepenuhnya salah, tapi kalo berkunjung ke web/blog orang buat nyari referensi itu malah harus, selain nambah referensi nambah ilmu juga :)

      Delete
  12. Terimakasih gan atas tutorialnya... Bagus untuk bloger pemula kayak saya dalam menentukan niche yang baik

    ReplyDelete
  13. Thx gan infonya. Jd tau apa yang tepat utk memilih niche d sebuah web

    ReplyDelete
  14. wah, punya ane gado2. hihi.. makasih infonya gan. hehe..

    ReplyDelete
  15. Bagus nih,apalagi buat pemula kek saya,ternyata memang harus cari niche unik dan belum dilirik banyak orang yah,,thanks min

    ReplyDelete
  16. setuju banget tuh harus sesuai dengan passion :D menurut ane juga kl menurut passion akan lebih enteng lah istilahnya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post