Cara Agar Tanggal Posting Tidak Ditampilkan Di Search Engine

Postingan kali ini akan membahas bagaimana cara untuk tanggal postingan kita agar tidak ditampilkan di search engine result pages (SERP).

Pasti sering lihat kan? ada postingan di google yang tidak ditampilkan tanggalnya, mungkin para blogger penasaran bagaimana cara untuk melakukan nya.

Sebenarnya caranya tidak sulit bahkan relatif mudah dan hanya perlu beberapa steps sederhana untuk melakukan nya.

Apakah Berpengaruh Pada SEO?
Saya pikir jika berpengaruh atau tidaknya misalkan pada proses crawling, indexing, dll. Ini sama sekali tidak berpengaruh.

Tapi... SEO sekarang sering dikaitkan dengan kegiatan manusia juga, apa maksudnya?

Ya berarti saat ini sesuatu yang Human-friendly berarti SEO-friendly juga, karena itu sangat perlu membangun sebuah blog/website yang memang disukai oleh para pengunjung.

Apa Intinya?

Ketika para pengunjung melakukan pencarian dengan search engine, yang manakah artikel yang akan dipilih, yang lama atau yang baru?.

Sebagian besar pengunjung biasanya memilih sesuatu yang baru ketimbang yang lama, karena bisa saja dianggap memiliki informasi yang lebih di dalamnya.

Karena itu ketika artikel kita sudah di posting cukup lama, tidak perlu khawatir terhadap hal yang saya sebutkan di atas, sehingga tetap menjaga artikel seperti "masih baru".

Ya saya kira itu salah satu keuntungan nya, kalau begitu kita langsung saja ke langkah-langkahnya:

Cara Agar Tanggal Posting Tidak Ditampilkan Di Search Engine

  • Masuk ke Dashboard Blogger
  • Klik Tab Tata Letak > Blog Posts > Edit

  • Hapus Centang Pada Dua Kolom Seperti Gambar Di Bawah ini

  • Klik Simpan

  • Selesai
Ya begitulah caranya cukup mudah kan? biasanya artikel baru, tetap terbaca tanggalnya oleh search engine.

Tetapi... seiringnya berjalan nya waktu, beberapa hari kemudian tanggal akan disembunyikan. jadi tidak akan ada masalah walau tanggal ditampilkan terlebih dahulu, karena tanggalnya masih baru bukan?

Bagaimana dengan artikel lama?
    Ini sepertinya akan memakan waktu yang cukup lama dan bergantung juga pada kepopuleran atau rank artikel tersebut di search engine.

Semakin sering di klik artikel tersebut, maka index baru akan menyesuaikan dan tanggal pun tidak akan ditampilkan. Seperti Contoh di bawah ini:


Itu adalah artikel saya yang cukup populer dan selang beberapa waktu tanggalnya pun disembunyikan.

Bagi artikel yang kurang populer bisa kita melakukan index manual untuk mempercepat proses indexing yang baru, untuk cara indexnya bisa dibaca di:



Dengan melakukan resubmit, maka artikel kalian akan cepat di index kembali tanpa menampilkan tanggal, tetapi tidak masalah jikapun kalian tidak melakukan nya, karena pada akhirnya pasti akan sama juga. walaupun jangka waktunya saja yang berbeda.

Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat :)

2 Comments

  1. itu kan untuk blogspot, kalo untuk wordpress gmna kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya sampai saat ini masih menggunakan blogspot, jadi saya blum tau tentang fitur wordpress, maaf ya :)

      Delete

Post a Comment

Previous Post Next Post