Sekarang Kita Bisa Melihat Durasi Penggunaan Facebook dan Instagram!

Facebook dan Instagram saat ini merupakan jejaring sosial yang paling banyak dipakai di seluruh dunia, untuk mempertahankan hal itulah para devoleper dari masing-masing aplikasi tersebut terus melakukan pengembangan fitur demi memuaskan para penggunanya.

Baru ini kedua jejaring sosial tersebut memberikan berita bahwa mereka menerbitkan fitur baru berupa pemonitoran waktu yang telah kita gunakan pada kedua aplikasi tersebut.

Tidak aneh memang kedua aplikasi tersebut memberikan fitur baru secara bersamaan, karena pemilik dari jejaring sosial network tersebut merupakan orang yang sama, yaitu mark zuckerberg.


Saat ini kedua fitur baru tersebut baru bisa digunakan di Amerika saja, dan baru bisa digunakan oleh semua orang pada beberapa minggu ke depan.

Memberikan fitur seperti ini kepada para penggunanya merupakan langkah yang bagus, karena orang-orang bisa mengatur waktu untuk menggunakan jejaring sosial ini pada waktu yang mereka anggap pas dan sesuai.

Adapula untuk Design Fitur Baru dari instagram dan Facebook ini, Situsatom berhasil mendapatkan nya yang diambil dari web techcrunch dan bisa dilihat pada gambar di bawah


Tampilan yang bisa dibilang cukup mirip dan simple yang digunakan pada kedua jejaring sosial tersebut, dan untuk mengakses dashboard nya cukup mudah.

Untuk Instagram masuk ke settings > Your Activity, dan untuk facebook masuk ke settings > Your Time On Facebook.

Lalu saya ingatkan kembali bahwa fitur ini baru bisa diakses di amerika saja dan baru bisa digunakan oleh semua orang di penjuru dunia pada beberapa minggu ke depan.

Tetapi sayangnya, yang kita bisa lihat hanyalah pemakaian facebook dan instagram melalui aplikasi handphone saja dan tidak termasuk pemakaian melalui dekstop yang dimana fitur tersebut tidak ada.

Selain menampilkan berapa lama kita telah menggunakan facebook atau instagram, fitur ini juga dilengkapi pengingat penggunaan waktu aplikasi per hari.


Jadi kita bisa melakukan pengaturan untuk berapa lama menggunakan aplikasi facebook dan instagram per harinya, dan jika melebihi ambang batas akan ada notifikasi bahwa kita telah melebihi batas waktu per hari yang telah ditentukan.

Tetapi walaupun sudah melebihi batas waktu, aplikasi tidak akan force close atau yang semacamnya dan kita tetap bisa melakukan like, chat, dll.

Jadi untuk berhenti menggunakan aplikasi tersebut lebih kepada tekad kita untuk mengatur waktu dan jika sudah melebihi ambang batas, maka kita sendiri yang harus berhenti.

Dengan fitur ini, menurut saya sendiri sangat baik untuk orang-orang banyak yang ingin mengatur waktunya dengan baik.

Fitur ini sangat memudahkan dan juga menjadi pengingat kita, jika kita terlalu asik bermain dengan di facebook ataupun instagram sampai lupa waktu.

Fitur ini sendiri belum tahu akan kapan diterbitkan untuk semua orang, tetapi dari yang saya dapatkan dari web techcrunch, fitur ini akan diterbitkan untuk semua orang pada beberapa minggu ke depan seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Referensi


Sumber Gambar

Post a Comment

Previous Post Next Post