Pengertian dan Cara Mengecek DA PA Suatu Website/Blog

Oke pada postingan kali ini kita akan membahas tentang DA PA yang dimiliki oleh suatu blog ataupun website, karena jika kalian terjun menyelam lebih jauh tentang SEO, pasti akan menemukan DA PA.

Untuk itulah kami akan menjelaskan apa itu DA PA, dan juga ini bermanfaat untuk blogger baru yang pasti nantinya akan menemui tentang hal ini.

DA merupakan singkatan dari Domain Authority dan PA merupakan singkatan dari Page Authority

Dimana DA dan PA juga bisa menjadi salah satu cara bagi kalian agar website tampil di halaman pertama google dengan cepat!


Domain Authority

Domain Authority adalah sebuah tolak ukur atau metrik yang dikembangkan oleh SEOMoz, yang dimaksudkan untuk mengukur kekuatan dari sebuah domain akan bersaing di search engine.

Yang dimana skalanya adalah 0-100, dan karena sesuai kepanjangannya, yaitu domain authority. DA ini mencakup domain atau bisa dibilang juga mewakili keseluruhan dari kekuatan sebuah website atau blog untuk bersaing di search engine.

Semakin besar nilainya, sudah pasti akan membuka peluang lebih lebar untuk menguasai search engine seperti google, yahoo, dan bing.

Biasanya ada 3 faktor yang mempengaruhi seberapa kuat nilai DA di search engine, yaitu:
  • Umur Domain
  • Backlink
  • Kualitas Konten

Kalian tidak perlu fokus kepada umur domain, karena ini hanya masalah waktu, jadi kalian hanya perlu fokus pada backlink dan kualitas konten yang kalian miliki di website kalian.

Backlink pun bukanlah backlink asal, melainkan backlink yang berkualitas yang biasanya sifatnya relevan dengan link atau artikel yang dituju yang ada di website kita.

Page Authority

Page Authority atau yang biasa disingkat PA merupakan nilai atau tolak ukur untuk setiap page atau halaman yang ada di suatu domain atau website.

Jadi PA ini lebih kepada tiap halaman yang ada di website anda, semakin besar nilainya semakin besar juga kemungkinan nya untuk bersaing dan memenangkan halaman teratas search engine.

Page Authority ini juga dikembangkan oleh SEOMoz dan memiliki skala dari 0-100, tidak ada cara khusus untuk menaikkan PA, tetapi kualitas konten dan semakin besar nilai dari DA maka akan memungkinkan untuk nilai PA semakin bertambah.

Jadi sudah jelaskan untuk nilai PA ini? semakin besar nilai DA, maka semakin memungkinkan juga untuk mendapat nilai PA yang lebih besar.

Backlink yang diarahkan langsung ke halaman-halaman atau postingan tertentu suatu website, akan menambahkan nilai PA dari suatu halaman, dan akan lebih memudahkan untuk bersaing di setiap search engine.

Note: Algoritma dari search engine berbeda-beda, sehingga pengaruh nilai DA dan PA dalam setiap Search enginepun akan berbeda.

Setelah membahas DA PA pasti sudah sedikit jelas kan apa manfaatnya untuk blog dan juga SEO?, karena memang DA PA ini sangat menunjang ataupun strategi untuk bersaing di search engine.


Meskipun nilai DA dan PA ini bukan penjamin menempati posisi pertama di search engine, tetapi nilai DA dan PA ini hampir pasti sebagai langkah awal untuk menempati posisi pertama tersebut.

Ketika kita sudah tahu DA dan PA dari situs kita, maka kita pastinya akan mencoba lebih bijak untuk bersaing di search engine.

Bagaimana Cara Cek DA dan PA?

Karena DA dan PA ini adalah pengembangan dari MOZ, maka lebih baik kalian langsung mengunjungi website dari MOZ itu sendiri, bisa kunjungi link MOZ berikut

Lalu isikan url kalian pada form yang disediakan, lalu klik gambar search yang ada disamping kanan nya, maka kalian sudah bisa cek hasilnya seperti gambar di bawah ini


Seperti yang bisa dilihat saat ini situs atom, memiliki DA 18 dan untuk PA pada homepagenya sendiri, yaitu 24, untuk mengetahui masing-masing halaman hanya tinggal mengganti link homepage dengan link artikel saja.

Untuk mengetahui PA ubah Tab nya menjadi exact page.

Bagaimana? apa sudah jelas semuanya? jika belum jelas bisa diutarakan dikomentar pada artikel ini.

Lalu selain dari MOZ juga ada beberapa site yang bisa menjadi alternatif bagi kalian untuk mengecek DA dan PA:


Tentunya selain mendapat data PA dan DA kalian juga akan mendapatkan data lain yang tidak kalah pentingnya seperti backlink.

Untuk itu saya juga menyarankan, beberapa tools lain agar kalian mendapatkan info lebih tentang website kalian ataupun website kompetitor.

Kesimpulan

DA dan PA adalah salah satu ukuran untuk mengetahui kekuatan website, sehingga memudahkan untuk mengatur strategi dalam bersaing di setiap search engine.

DA dan PA juga dapat ditingkatkan, selain cara yang saya ungkapkan di atas mungkin masih banyak cara lain lagi yang bisa kalian kerjakan.

Post a Comment

Previous Post Next Post