Gurihnya Pengalaman Gaji Pertama Dari Adsense! [Sesi Curhat]

Oke kali ini saya akan membagikan atau memposting sesuatu yang diidam-idamkan oleh para blogger, ya tidak lain dan tidak bukan adalah gajian dari adsense!!!.

Saya gajian dari adsense sebenarnya sudah hampir 1 bulan dari postingan ini dibuat tepatnya saya terima tanggal 22 mei 2018 dan paymentnya dibuat pada tanggal 21 mei 2018.

Ya lumayanlah uangnya itung-itung buat jajan dan anggap itu THR dari google hehe, saya jarang memposting karena memang sedang sibuk-sibuknya di dunia nyata dari pekerjaan mempersiapkan buat kuliah juga, dll.


Karena itu dapet rejeki dari adsense ya bersyukur banget, jadi tambahlah semangat ngeblog dan meningkatkan penghasilan adsense.

Berapa Rupiah Supaya Bisa PO?
 Untuk Bisa PO kita harus mencapai ambang batas penghasilan yang ditentukan oleh pihak adsense yang pada saat saya menarik gajian pertama yaitu 1,3 juta rupiah, angka yang harus saya capai dalam waktu berbulan-bulan dan tentunya menunggu dengan sabar.

Selain dari blog ini saya juga memasang adsense di blog teman saya yaitu asymmetrica life, blog yang pada awalnya membahas tentang pendidikan tapi makin kesini makin campur aduk alias gado-gado.

jadi saya dibantu oleh blog teman saya tersebut untuk mencapai threshold, dan tentunya setelah PO kita membaginya sesuai rupiah yang didapatkan masing-masing situs.

Saya tidak akan memberitahukan berapa pembagian nya, tetapi saya akan memberitahukan berapa nilai PO yang saya dapatkan pada gaji pertama.

Sudah Berapa Lama Ngeblog?

Kalau dibilang berapa lama, mungkin sudah lama banget saya ngeblog sekitar 7 tahun sudah saya ngeblog dan memang dalam waktu 7 tahun itu hanya satu tahun terakhir saja saya cukup serius dan atur-atur strategi, 6 tahun sebelumnya saya iseng-iseng saja dan gonta-ganti blog.

Ya apalagi sekarang saya juga sudah mulai kelabakan dengan kegiatan sehari-hari dan akibatnya blog terbengkalai, tetapi... walaupun tidak saya urus blog ini tetap menghasilkan dan terus jadi pasif income, itulah salah satu tujuan Blog!.

Sedikit saran saja bagi kalian yang baru mulai ngeblog, jangan terlalu pikirkan pendapatan yang dihasilkan dan kerjakan blog karena kalian menyenanginya, soal datangya uang dari adsense anggap saja itu bonus!

Jadi Berapa nih gajian pertama nya?

Oke kita kembali kepada topik yang akan dibicarakan, karena memang tulisan di atas sudah ngalor ngidul kemana-mana, untuk jumlahnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini

ya jumlah yang memang tidak banyak jika dibandingkan dengan para adsense master di luar sana, tetapi cukup menjadi pemicu semangat ngeblog kembali.

Pada awalnya kita akan dibertahu melalui e-mail bahwa pembayaran telah dikirim ke rekening bank kita, tentunya untuk mendapatkan payout bukanlah hal yang mudah karena harus menyelesaikan beberapa persyaratan yang diberikan oleh adsense.

Tetapi jika sudah payout seperti ini, hanya tinggal menunggu saja untuk PO yang kedua, tanpa harus memenuhi persyaratan yang sebelum-sebelumnya:) (tentunya saldo harus memenuhi threshold terlebih dahulu).

Bagaimana Rentetan Lengkap Agar Bisa PO?
Oke sebelumnya saya hanya membahas tentang payment threshold yang harus dilalui, kali ini saya akan memberikan rentetan yang lebih jelasnya.

1. Harus Punya Akun Adsense
     Ya jelaslah ini hal yang memang harus dipenuhi, kalau ga punya mana bisa PO untuk tips dan triknya saya belum menyediakan di blog ini dan mungkin kalian bisa mencarinya pada postingan di blog lain.


2. Verifikasi Lokasi
Setelah memiliki akun adsense, kalian bisa meletakkan iklan di tempat yang kalian inginkan dan tentunya untuk mendapatkan klik yang besar kalian harus menempatkan iklan di tempat strategis, agar iklan tersebut terlihat oleh pengunjung.

Setelah kalian mendapatkan saldo lebih dari 100 ribu, kalian akan diminta untuk request PIN, untuk memverifikasi lokasi kalian, akan ada 3x request pin dan jika kalian tidak menerima PIN tersebut alias tidak sampai ke alamat anda setelah 3x request maka iklan anda akan dinonatifkan. Menegangkan bukan?.

Tetapi jangan khawatir jika alamat kalian memang benar adanya, pasti PIN tersebut akan sampai walau harus menunggu berbulan-bulan lamanya, jadi kuncinya sabar asalkan kalian sudah memberikan informasi yang valid!.

3. Verifikasi Rekening Bank
Saya kurang tahu kapan tepatnya verifikasi ini bisa dilakukan, saya sendiri melakukan verifikasi bank ketika saldo sudah melebihi satu juta.

Untuk cara verifikasi rekening bank ini terbilang mudah kita hanya perlu mengisi nomer rekening, nama sesuai rekening bank, dan bank apa yang kita pakai. Sekali lagi ini harus mengisi informasi yang valid agar mencapai PO yang diinginkan :).

Setelah mengisi form-form tersebut, google akan mentrasnfer sejumlah uang sebagai kode unik, yang nilai berkisar antara 1-999 rupiah, dan uang tersebut sebagai kode unik yang harus kalian masukkan pada kolom yang disediakan sebagai syarat verifikasi rekening bank.

Biasanya uang sebagai kode unik tersebut dikirim antara 1-3 hari setelah kita request, untuk mengeceknya kalian bisa cek mutasi rekening dengan M-banking atau menggunakan metode lain nya untuk mengecek transferan kode unik tersebut.


4. Mencapai Payment Threshold
 Yap setelah verifikasi bank, kalian tinggal menunggu sampai saldo melebihi ambang batas yang ditentukan adsense, setelah ambang batas terlewati maka otomatis pembayaran akan dikirimkan ke rekening bank yang sudah diverifikasi, biasanya pada tanggal 20an setiap bulan.

Jika Payment sudah dikirimkan biasanya adsense akan mengirimkan sebuah e-mail, bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini

Ya begitulah rentetan dan pengalaman saya pada gajian pertama dari google adsense ini, memang harus melewati beberapa hal yang bikin dag dig dug, tapi jika sudah PO pertama kali hal-hal seperti verifikasi alamat dan bank tidak perlu dilakukan lagi, kecuali jika ingin mengganti metode pembayaran.

Saran Dari Saya jangan sekali-kali mencurangi adsense dengan cara meminta orang lain melakukan klik pada adsense kita, karena sistem adsense sudah sangat canggih jadi bisa diketahui mana invalid click atau yang memang benar-benar murni klik iklan asli, jadi jangan coba-coba deh curangi adsense!.

Kuncinya adalah sabar dan selalu bersyukur, karena banyak orang diluar sana yang menginginkan akun tersebut dan banyak juga yang membelinya karena sudah tidak sabar dan malah menjadi bumerang bagi si pembeli tersebut, sabar dan tidak terburu-terburu juga adalah kuncinya karena bermain bersih tanpa mencurangi pihak adsense adalah pilihan yang tepat, karena baik pengiklan dan penerbit iklan sama-sama harus diuntungkan.

Itu Curhatan saya pada postingan tentang gajian pertama adsense ini, see you on the next post :) semoga bermanfaat :)

7 Comments

  1. Mantap banget ih, jadi semakin semangat buat ngeblog kan? Hehehe

    ReplyDelete
  2. min , klo sy kok setiap daftar adsense selalu ditolak karena "akun anda telah terkait gitu ?" padahal website dan email baru saja buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba daftar jangan melalui blognya, tapi melalui langsung situs adsensenya

      Delete
  3. Mas, brrti satu akun adsense bisa dipasang dilebih dari satu blog? aku juga udh lumayan lama ngeblog tapi baru fokus akhir2 ini.Saldo pun baru 150ribuan ehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap bener bisa banget, tapi pastikan semua situs tersebut sesuai syarat yang ditetapkan oleh adsense ya! :)

      Delete
  4. wah selamat ya, saya baru 1x ngerasain gajian adsense
    https://gunawan-arief.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post