Yahoo Messenger Akan Ditutup Pada 17 Juli 2018

Kabar kali ini datang dari yahoo, salah satu aplikasinya yang bernama yahoo messenger akan ditutup atau dimatikan pada tanggal 17 Juli 2018.

Tentunya ini menjadi kabar sedih bagi para penggunanya, walaupun seperti yang kita ketahui pengguna app messenger yang satu ini tidak sebesar atau sebanyak pesaing-pesaingnya seperti facebook messenger, whatsapp, dll.

Artikel atau kabar ini saya lansir dari web techcrunch, yang mana pada artikel tersebut benar menyebutkan bahwa yahoo messenger akan shutdown pada 17 juli.


Yahoo Messenger juga dikenal sebagai salah satu Aaplikasi Perpesanan atau Chatting yang pertama yang beredar di pasar, dan walaupun eranya akan berakhir pada 17 juli mendatang, pihak yahoo menyatakan sudah menyiapkan aplikasi yang lain.

Aplikasi Apa yang Disiapkan Yahoo?

Pihak yahoo mengutarakan bahwa saat ini telah melakukan eksperimen pada aplikasi dan pelayanan baru yang sedang mereka kembangkan yang bernama yahoo Squirrel dan saat ini statusnya masih beta.

Squirrel merupakan aplikasi group chat yang sedang dikerjakan dan digadang-gadang sebagai alasan mengapa yahoo messenger akan dimatikan, tetapi pihak yahoo sendiri sebenarnya tidak memberikan alasan yang spesifik mengapa yahoo messenger akan dimatikan.

Tetapi melihat pasar aplikasi messenger saat ini tidaklah aneh jika yahoo menutup layanan yahoo messenger, dikarenakan software tersebut bukan salah satu messenger dengan pengguna terbanyak, dan peringkatnya pun kalah saing dengan messenger seperti whatsapp, mungkin itu juga salah satu alasan pihak yahoo mematikan layanan dari yahoo messenger.

Seperti yahoo membiarkan untuk app seperti facebook messenger, whatsapp untuk mendominasi aplikasi perpesanan, yang tentunya pihak-pihak yahoo tahu bahwa aplikasi tersebut seperti tak terkalahkan dan sangat sulit menyainginya.

Untuk Pengguna Yahoo Messenger, jika ingin mendownload pesan yang dianggap penting pihak yahoo masih menyediakan waktu sekitar 6 bulan ke depan, jadi bagi kalian yang merasa ada pesan penting di whatsapp cepatlah backup pesan tersebut, selagi masih disediakan waktu oleh pihak Yahoo.

Sekilas Tentang Yahoo Messenger

Yahoo Messenger pertama dibuat dan memulai debutnya itu sebagai Yahoo web pada tahun 1998, yang tentunya anak-anak 90an pasti tahu dan punya email dengan buntut @ymail.com; @yahoo.com.
yang dulunya biasa kita gunakan di PC sebagai alternatif saja selain menggunakan SMS.

Tetapi aplikasi mail seperti yahoo ini memang dirasa kurang efisien untuk menggantikan SMS dan masih banyak orang menggunakan SMS, karena SMS di HP dirasa lebih mudah digunakan walaupun saat itu biaya SMS jika tanpa paket sudah cukup mahal dan bisa menguras kantong.

Peran yahoo mail diranah perpesanan kurang memuaskan dan banyak aplikasi lain yang lebih dulu membuat pada aplikasi mobile dan bisa menggantikan peran SMS, sebagai contoh yang saya ambil adalah whatsApp yang sebenarnya dibuat juga oleh mantan pegawai yahoo.

Pada akhirnya yahoo menciptakan messenger untuk versi mobilenya walaupun dirasa sedikit telat, karena didahului oleh aplikasi messenger yang lain, pencapaiannya setelah beberapa tahun selaku aplikasi mobile, yahoo messenger berhasil menduduki ranking 160 pada IOS dan 117 di Android dalam kategori sosial networking.

Pengganti Yahoo Messenger

Untuk hal ini belum bisa dipastikan tetapi pihak yahoo seperti yang saya sebutkan di atas telah berfokus pada proyek baru, yaitu Yahoo Squirrel yang dimulai pengetesannya pada bulan lalu, dan sampai saat ini masih dalam kondisi beta.

Yahoo Squirrel sendiri merupakan aplikasi group chat yang baru dikembangkan whatsapp, tetapi saya sendiri tidak terlalu berharap banyak tentang aplikasi ini, karena dari beberapa aplikasi yang dikembangkan yahoo, banyak yang hanya berumur pendek, tetapi bagi kalian yang ingin lihat versi betanya bisa kunjungi link ini 

Oke terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat :)

Post a Comment

Previous Post Next Post