Youtube Sekarang Ada Storynya! Sejak Kapan?

Youtube merupakan perusahaan raksasa yang saat ini sudah menjadi milik google, youtube sendiri merupakan situs tempat sharing video dan saat ini juga menjadi tempat mencari nafkah orang banyak.

Baru-baru ini youtube kembali memberikan fitur baru yang sebenarnya kita sudah cukup kenal dengan fitur ini di instagram, facebook, dll.

Yaitu Youtube Stories, Youtube stories ini tidak jauh berbeda seperti story di kebanyakan medsos, yang tujuan nya yaitu, memudahkan para youtuber membagikan cerita-cerita ataupun aktifitas yang mereka sedang jalani.

Youtube Stories ini adalah cerita-cerita pendek milik para youtuber yang bisa kita lihat melalui youtube app dan lebih tepatnya berada pada homepage youtube app, ataupun bisa melalui Subscriptions Feed.


Berbeda seperti instagram yang menayangkan story selama 1 hari penuh, youtube stories menayangkan story selama 7 hari, jadi story tersebut tidak akan hilang ke esokan hari setelah dipublish.

Saat ini memang masih dalam status beta, tetapi sudah memiliki banyak respon positif dari para youtuber, walaupun beberapa dari mereka sempat bingung sejak kapan youtube stories ini ada.

Apa Syarat Youtube Stories?

Untuk syaratnya sendiri, channel kita harus memiliki lebih dari 10.000 Subscribers dan butuh 4 minggu untuk bisa youtube stories, ketika sudah mencapai angka 10.000 Subscribers

Jadi perlu minimal 10.000 Subscriber untuk bisa youtube stories, kurang dari itu maka belum bisa melakukan youtube stories

Bagaimana Cara Melihat Youtube Stories?

Seperti yang saya sebutkan di atas, perlu untuk memiliki youtube app, kalian bisa mendownloadnya sendiri misalkan melalui android dan membuka aplikasi tersebut, jadi yang pertama perlu memiliki youtube app:
  • Buka Youtube App
  • Masuk Ke Subscription Feed, contoh nya seperti pada gambar di bawah


  • Pilih Lingkaran dengan warna yang mengelilinginya
  • Bisa "Tap" untuk skip youtube story tersebut, dan masuk stories lain
  • Bisa juga "Tekan Layar" untuk menjeda story tersebut

Bagaimana, cukup mudah bukan? kita juga melaporkan story tersebut, jika dianggap kurang pantas dengan cara melakukan report dengan klik ujung kanan bawah pada bagian menu "titik tiga" lalu pilih report.

Tentu kita bisa juga melakukan komentar pada story yang kita inginkan dengan cara menulis pada kotak komentar di story tersebut.

Sejak Kapan Youtube Stories Ini Ada?

Sebenarnya saya sendiri tidak mengetahui kapan pastinya youtube stories ini ada, dikarenakan juga para youtuber besar dengan 1 juta subscriber ke atas pun, banyak yang tidak tahu kapan kemunculan youtube stories ini.

Tetapi dari informasi yang saya baca pada situs web Techcrunch, youtube stories ini ada dan dibagikan ke khalayak ramai pada akhir november, tepatnya 29 November.

Data 29 November juga diperkuat dari sebuah upload dari channel "youtube creators [creator academy]" dimana video yang mempromosikan youtube stories ini ada di tanggal 29 november 2018.

Sebenarnya fitur youtube stories ini sudah diumumkan sejak awal november, tapi baru dilepas betanya sejak tanggal 29 November.

Untuk Youtuber Indonesia mungkin ada perbedaan publish dalam hal "region" dimana beberapa youtuber besar baru mengetahui tentang youtube stories ini sekitar seminggu yang lalu.

Itu hanya pendapat saya saja, belum tentu sepenuhnya benar, jika kalian ingin melihat video yang mempromosikan youtube stories, bisa dilihat di bawah ini:


Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat :)

Post a Comment

Previous Post Next Post