11 Daftar SEO Tools Gratis Terbaik Untuk Riset Keyword

Tools gratis manakah yang menjadi pilihan Anda saat hendak meriset keyword? Apapun pilihannya, perangkat tersebut harus bisa memenuhi kebutuhan kita.

Semakin akurat dan lengkap, tentu saja optimasi yang dilakukan dapat lebih mendalam dan efektif untuk traffic website.

Sebelum membahas  daftar SEO tools gratis dan terbaik untuk riset keyword, ada baiknya kita memahami pengertian SEO terlebih dahulu.

Search Engine Optizimation (SEO) adalah proses meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic dengan meningkatkan visibilitas di mesin pencari. SEO mengacu pada peningkatan hasil tak berbayar, dikenal sebagai organic.

Maka dari itu, ia tidak termasuk pada traffic pengunjung secara langsung atau direct. SEO dapat menargetkan berbagai jenis pencarian seperti gambar, video, jurnal, artikel, dan lain-lain.

Optimalisasi situs web dapat melibatkan pembuatan konten, memodifikasi HTML, dan pengkodean untuk meningkatkan relevansi dengan kata kunci tertentu.


Selain itu, mempromosikan situs dengan meningkatkan backlink turut menjadi taktik SEO lainnya.

SEO mempertimbangkan bagaimana mesin pencari bekerja, algoritma, apa yang dicari orang, istilah pencarian aktual atau kata kunci yang diketikkan ke mesin pencari, dan lain-lain.

Sudah cukup jelas? Yuk, kini saatnya kita membahas SEO tools mana yang cocok dipakai! Berbicara SEO tools, hal tersebut tak akan lepas dari preferensi pribadi.

Mana yang lebih gampang dan mudah dioperasikan, balik lagi pada diri kita sendiri.

Sebagai rekomendasi, simak 10 daftar SEO tools gratis dan terbaik untuk riset keyword di bawah ini: 10 Daftar SEO Tools Gratis dan Terbaik


1. Google Analytics

Google Analytics adalah SEO tools gratis dan terbaik yang sangat diperlukan bagi seluruh pemasar digital.

Perangkat tersebut mampu memberikan banyak data berguna tentang situs web seperti jumlah kunjungan situs, sumber lalu lintas, dan demografi lokasi.

Lewat informasi yang terperinci dari Google Analytics, Anda sebagai pemasar digital dapat mengubah strategi konten dan eksperimen apakah konten yang disajikan berhasil atau tidak.

 Tak hanya Google Analytics, ada beberapa perangkat lain untuk digunakan demi mengoptimasi.

Demografi yang ditampilkan oleh google analytics bisa dibilang sangat lengkap, cocok sekali untuk riset keyword, meskipun bukan tools yang langsung membahas tentang riset keyword.

Tetapi tools ini adalah tools SEO yang akan membantu kalian untuk riset keyword tersebut dan bahkan bisa untuk menargetkan pengunjung yang bukan merupakan pengunjung organic, dengan cara memanfaatkan demografi atau hasil yang diberikan oleh Analytics ini.


2. Google Search Console

Ya, tak ada SEO tools gratis yang akan lengkap tanpa keberadaan Google Search Console. Perangkat satu ini dinilai kaya fitur serta dipercaya oleh berbagai kalangan.

 Anda dapat menggunakan GSC sebagai pelacak peringkat demi memeriksa peringkat situs di SERP. Dikenal sebagai Google Webmaster Tools selama hampir satu dekade,

Google mengganti nama rangkaian alat-alatnya sebagai Google Search Console pada 2015. Setiap tahun, Google selalu memperbarui perangkat dan dapat digunakan secara gratis oleh siapapun, termasuk Anda.

Google search console bisa memberikan demografi atau query apa saja yang digunakan pengunjung untuk mengunjungi blog/web kita.

Dari situlah kita bisa memperkuat kata kunci, sehingga posisi artikel di search engine bisa meningkat dibanding sebelumnya.

Bahkan kalian bisa membuat artikel baru guna untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di query tersebut.


3. Google Keyword Planner

Masukkan kata kunci ke dalam perangkat, Google Keyword Planner akan menyajikan segala macam statistik bermanfaat.

Ada strategi kata kunci, volume pencarian bulanan, kompetisi, dan bahkan istilah yang disarankan yang mungkin belum pernah kita pertimbangkan!

Keyword Planner telah diperbarui dengan kemampuan memproses hingga 10 kata kunci unggulan saat mencari ide baru.

Itu hanyalah salah satu dari beberapa fitur baru dalam pembaruan yang dirancang untuk menjawab permintaan pengguna umum. dan tentunya masih banyak lagi!


4. Google Auto Suggest

Mungkin kalian bingung apa itu auto suggest, google auto suggest ini akan kalian temukan ketika mengetikkan kata kunci di google.

Jika kalian bingung google auto suggest ini seperti contoh di bawah ini


Yap contohnya seperti gambar di atas dan termasuk ketika kalian menemukan related keyword yang ada di bawah dari hasil pencarian google yang telah kalian lakukan.

Note: Kalian bisa menggabungkan Google Analytics, Google Search Console, dan Google Auto Suggest Sebagai Tools Riset Keyword Ampuh! Gratis Lagi!



5. Ubersuggest 

Penggunaan Ubersuggest sebagai SEO tools gratis terbaik adalah sesederhana memasukkan kata kunci.

 Setelah itu, akan muncul ratusan daftar rujukan yang bisa Anda pilih untuk mengoptimasi konten berdasarkan elemen-elemen seperti CPC, click volume, dan sebagainya. Mudah sekali! 

Apakah Anda memerlukan bantuan dengan riset kata kunci? Ubersuggest bisa menjadi solusi yang dapat memberikan solusi dalam kurun waktu singkat.

Ia mampu mengumpulkan data dari Google lantas memberikan gagasan kata kunci yang serupa dan terkait dengan pencarian.


6. KeywoordTool.io 

KeywordTool adalah perangkat kata kunci gratis yang menggunakan Google Autocomplete dan mesin pencari lainnya untuk menghasilkan kata kunci yang relevan untuk topik apapun.

Hasil kata kunci merujuk dari Google, YouTube, Bing, Amazon, eBay, App Store, dan lain-lain. Perangkat yang satu ini diluncurkan pada pertengahan 2014, diciptakan oleh Artem Galimov dan Leow Kah Thong.

Mereka memulainya dengan memberikan kata kunci dalam 83 bahasa dari ratusan domain di Google, hingga berkembang sampai sebanyak sekarang. Sudah mencobanya?

Contoh Hasil Riset Keyword di keywordtool.io

Keyword tool.io ini sangat cocok untuk memberikan gambaran awal untuk menentukan keyword apa yang akan kita bidik, untuk menentukan tingkat persaingan kalian harus menjadi member premium, atau menggunakan tools riset yang lain!

Tetapi ada dalam beberapa pencarian data dari querynya cukup lengkap tetapi data query yang lain ditiadakan, bisa dilihat seperti gambar di atas

Note: Versi Free hanya untuk riset keyword secara kasar saja



7. Answer the Public 

Answer the Public adalah perangkat menarik yang menyediakan pemasar konten dan data berharga terkait kata kunci dalam mesin pencari.

Setelah memasukkan kata kunci, ia bakal menampilkan rekomendasi dengan grafik mumpuni yang menarik untuk ukuran SEO tools.

 Data yang tersaji, memungkinkan Anda untuk membuat konten yang sangat bertarget yang memenuhi kebutuhan lewat rujukan-rujukan relevan.

Salah satu rekomendasi SEO tools yang baik dan sering dijadikan pilihan oleh para pengguna, mulai dari pemula hingga profesional.


8. SEMrush 

SEMrush bisa dibilang sebagai SEO tools gratis terbaik yang disukai banyak orang.

Jika ingin lebih maksimal dalam mengoperasikan perangkat, Anda dapat menggunakan layanan berbayar.

Setelah itu, akses penggunaan berbagai macam fitur menarik pun sudah bukan mimpi lagi!

Bagaimana dengan versi gratisnya? Tenang, SEMrush masih menghargai para pengguna tak berbayar.

Hal itu dibuktikan dengan penilaian banyak orang bahwa versi gratis SEMrush juga cukup keren dan cocok sebagai rekomendasi sejuta umat. Optimalkan lewat perangkat ini.


Selain untuk Tools SEO dalam meriset keyword, SEMrush juga banyak memberikan kelebihan lain nya seperti untuk backlink, dll. Bagaimana keren bukan?


9. Yoast SEO 

Berbeda dengan deretan perangkat di atas, Yoast SEO hadir sebagai plugin pengoptimasi dalam CMS Wordpress.

Sekalipun telah menggunakan SEO tools terbaik, hal itu akan terasa percuma jika artikel yang hendak Anda naikkan tidak tertata rapi.

Nah, pada momen inilah Yoast bekerja! Gunakan Yoast untuk mengoptimalkan meta description, format kalimat tautan, peta situs instan, dan banyak lagi.

Tak lupa, atur tag dan serta kerapian lainnya dalam tulisan hingga seluruh indikator berwarna hijau. Cocok buat para blogger dan yang rutin membuat konten tulisan.


10. SEO Web Page Analyzer 

Meski fokus terhadap tren dan kompetitor adalah penting, ingatlah agar tidak abaikan grafik perkembangan situs sendiri!

 SEO Web Page Analyzer mampu memberikan analisis komprehensif tentang halaman web milik pribadi. Lengkap dan penting untuk digunakan.

Ia mampu mengeluarkan semua gambar dengan tag alt yang hilang, struktur heading, tautan internal dan eksternal, judul dan deskripsi meta, dan banyak lagi.

Anda juga akan melihat skor SEO di halaman, mulai dari angka nol sampai seratus.


11. LinkMiner 

LinkMiner adalah ekstensi Chrome yang memungkinkan Anda untuk memeriksa setiap halaman web demi membenahi tautan yang rusak saat itu juga.

Perangkat tersebut pada dasarnya berguna untuk menemukan peluang memperbaiki hingga membangun kembali segala kerusakan tersebut.

Kita dapat mengekspor daftar lengkap tautan tergeser ke CSV hanya dengan satu klik yang mencakup informasi kode status, jenis tautan, dan lainnya.

 Begitu banyak SEO tools ciamik untuk dimaksimalkan, jangan sampai terlewat dengan fitur-fitur yang satu ini.

 Itu tadi daftar SEO tools gratis terbaik yang dapat Anda gunakan dari sekarang. Meski tak berbayar, fitur yang ada amatlah canggih dan worth it. Selamat mencoba!

Post a Comment

Previous Post Next Post