5 Cara Terbaik Mengetahui Jumlah Backlink Suatu Website

Tools Terbaik Untuk Mengetahui dan mengecek Jumlah Backlink
Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang backlink nih, yang dimana kita bisa tahu jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu website.

Website yang dimaksud bisa milik sendiri ataupun bisa milik orang lain atau kompetitor, sehingga kita bisa mengetahui backlink milik kompetitor dan menirunya.

Mungkin tak semua backlink milik kompetitor bisa ditiru, tetapi setidaknya kita sudah mendapatkan info tentang backlink milik kompetitor tersebut dan bisa melawan nya dengan backlink yang lebih kuat.

Selain bisa mengecek backlink milik kompetitor, postingan kali ini juga dikhusukan untuk mengetahui jumlah backlink yang kita miliki sendiri, sehingga kita bisa tahu backlink yang kita tanam sudah terdata atau belum.

Apa Keuntungan Backlink?

Backlink tentu memiliki banyak pengaruh terhadap sebuah website, backlink yang berkualitas mampu mendongkrak posisi dan reputasi suatu blog atau website di search engine

Dari menaikkan nilai DA dan PA, sampai menaikkan posisi artikel di SERP, sehingga tentunya akan memberikan visitor yang lebih banyak terhadap sebuah website.


Selain bisa menguntungkan backlink juga bisa membuat suatu website mendapatkan penalti atau semacamnya.

Ini dikarenakan backlink tersebut berasal dari situs terlarang atau terlalu mengoptimasi backlink secara berlebihan dengan spam atau semacamnya.

Jadi berhati-hatilah terhadap backlink ini, karena backlink bisa menjadi bumerang juga bagi pemilik suatu website

Note: Backlink Bagai Pedang Bermata Dua, Optimasi dengan bijak!

Oke kita kembali ke topik pembahasan, dimana kita kali ini akan membahas cara mengetahui jumlah backlink dari suatu website, ini dia daftarnya guys!


1. Google Search Console

Oke list pertama adalah google search console, untuk tools atau cara yang satu ini kita hanya bisa mengecek jumlah website yang kita miliki, dan sudah diverifikasi di google search console ini.

Kita akan melihat berapa banyak backlink yang dimiliki dan juga kemana saja arah backlink tersebut, ke halaman homepage ataupun langsung ke artikel.

backlink yang terdata disini, tidak hanya backlink dofollow melainkan backlink nofollow pun ikut juga terdektesi.

Kelebihan dari google searh console adalah kalian bisa mengetahui backlink yang kalian miliki dan bisa melaporkan dan menghapus backlink yang dirasa malah berbahaya untuk website.

Kelebihan lain nya juga google search console dilengkapi banyak fitur yang terintegrasi langsung ke search engine google, seperti sistem crawl, dll.

Untuk contoh jumlah backlink kalian bisa lihat seperti gambar di bawah ini:


Sebagaimana contoh di atas disebutkan darisitus mana backlink berasal, jumlah backlink dari situs yang bersangkutan dan juga target pages nya yang ada di website kita.

Kalian benar-benar bisa melihat backlink kalian secara lengkap di google search console ini dan bahkan mengetahui anchor text nya lo!

Selain itu google search console dipenuhi banyak fitur lain nya, seperti:

  • Sitemap
  • Performance di Search Engine Google
  • URL Inspection
  • dll 

Yang harus dilakukan juga mudah kalian hanya perlu mengunjungi google search console lalu verifikasikan blog kalian.


2. Moz

Okay selanjutnya kita akan menggunakan tools dari Moz, disini kalian bisa mengecek backlink yang kalian miliki dan juga website orang lain.

Sangat cocok sekali untuk mengetahui backlink yang dimiliki orang lain atau kompetitor, dengan begitu kita bisa meniru bahkan melebihi backlink kompetitor tersebut.

Untuk backlink sendiri, setiap page atau halaman dari sebuah website memiliki backlink yang berbeda-beda, ini yang membuat unik dan moz bisa mengecek backlink dari setiap halaman-halaman tersebut.

Sebagai contoh kita akan melihat backlink yang dimiliki salah satu web terkemuka di Indonesia, silahkan lihat gambar di bawah:


Gambar di atas merupakan hasil dari pengecekan web jalan tikus melalui Moz, didapatkan backlink yang ada menuju web mereka sebanyak lebih dari 700 ribu link (Nofollow dan Dofollow) yang berasal dari lebih dari 16 ribu domain!.

Hasil di atas tentu akan berbeda-beda tergantung pada halaman yang anda masukkan urlnya, jadi jika kalian ingin mengalahkan artikel yang ada di search engine, cek url spesifik halaman artikelnya di moz ini.

Tentu saja backlink tersebut bisa kalian cek apa saja backlink yang didapatkan oleh jalantikus, bisa dilihat pada gambar di bawah ini


Bagaimana, hebat bukan? ya saya rasa menggunakan tool moz adalah salah satu yang paling mudah bahkan lengkap dengan anchor textnya pub ikut ditampilkan!

Bagaimana cara mengalahkan web besar tersebut?

Meskipun web-web besar seperti jalan tikus memiliki banyak backlink dan juga DA PA yang tinggi, kalian tetap bisa memenangkan persaingan di search engine walaupun dengan blog besar tersebut.

Cukup fokus pada konten yang berkualitas dan unik serta backlink yang berkualitas, karena algoritma search engine terus berkembang, sehingga artikel unik dan berkualitas pasti didahulukan.

Tetapi ingat backlink punya peranan penting, seperti memberikan sinyal kepada search engine untuk mengecek artikel yang dimiliki oleh kita.

Satu hal lagi meskipun web besar memiliki banyak backlink, bukan berarti kesemuanya adalah backlink berkualitas!

Sebenarnya ada cara alternatif dan cepat untuk cek backlink di Moz, yaitu dengan menggunakan ektensi/plugin chrome Moz

Cara Alternatif Cek Backlink Di Moz

Kita perlu memiliki ekstensi Mozbar terlebih dahulu, lalu kalian juga perlu login atau sign up terlebih dahulu jika belum memiliki akun dari moz ini.


Lalu setelah mozbar di download, pasang mozbar tersebut dan login dengan akun yang sudah kalian buat, lalu lakukan pencarian di search engine.

Untuk sebagai contoh kita menggunakan kata kunci "download game" maka akan tampil seperti gambar di bawah ini


kalian bisa melihat gambaran awal dari persaingan di search engine, bisa dilihat dari jumlah backlink yang dimiliki oleh masing-masing website dari tiap halaman artikel, sampai nilai DA PA nya.

Jika kalian melakukan link analysis, maka akan kembali mengecek backlink secara spesifik seperti tutorial pertama moz di atas.

Yap mozbar ini bisa dibilang mempermudah menarik garis besar seperti tingkat persaingan di search engine, yang tentunya bisa kalian simpulkan sendiri.


3. Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu tools terbaik untuk SEO yang sudah dipakai oleh banyak web owner untuk memajukan website mereka termasuk di Indonesia.

Dari soal riset keyword, cara mengembangkan trafik untuk website, dll yang menyangkut SEO dibahas di ahref ini dan itu berbayar.

Khusus yang kita bahas kali ini adalah soal backlink checkernya yang dimana gratis dan mudah untuk digunakan.

Sangat mudah digunakan, kalian hanya perlu memasukkan Link URL kalian ke form yang disediakan dan hasil pun akan terlihat.

Perlu diketahui juga di ahrefs pun kalian harus membedakan url yang kalian masukkan akan dicek backlinknya dalam bentuk domain atau exact URL.

Jika domain, keseluruhan backlink akan tercatat, jika exact URL hanya akan mengecek backlink yang ada pada setiap masing-masing halaman tertentu saja.


Di atas adalah hasil dari pengecekan backlink blog dengan memakai tools dari ahrefs dan mengecek secara keseluruhan berdasarkan domain dari blog ini.

Jika kalian mengecek memakai Exact URL, maka URL Rating pun akan ditampilkan, karena domain rating dan url rating adalah salah satu parameter yang diciptakan sendiri oleh ahrefs.

Tools dari ahref ini saya rasa sangat cocok untuk para web owner dan jika update ke premium, kita akan menemukan banyak hal hebat lagi yang menyangkut SEO untuk mendongkrak trafik kita.


4. Semrush

Semrush merupakan salah satu tools terbaik untuk mengecek backlink menurut kami, karena selain memberikan informasi yang banyak seputar backlink, tampilan dari Toolsnya sangat profesional dan enak dilihat.

Serta selain backlink memiliki banyak fitur-fitur unggulan seputar SEO yang tentunya tidak kalah dengan tools-tools lain nya.



Gambar di atas merupakan hasil dari pengecekan menggunakan tool semrush untuk blog ini, total backlink, dari domain mana, lalu dofollow dan nofollow disebutkan secara menyeluruh dan itu semua gratis!.

Bahkan jenis backlinknya pun disebutkan, teks ataukah gambar. bagi kalian yang ingin tahu anchor text dan lebih mendetail lagi tentang backlink di semrush, jangan risau ada kok spesifik backlink nya, seperti gambar di bawah ini:


Bagaimana? sangat lengkap bukan? anchor text dan juga tiap backlinknya dijabarkan dengan sangat mendetail, meskipun sebenarnya ada batasan untuk melihat masing-masing backlink tersebut dan premium member adalah salah satu solusinya!

Note: Perlu memiliki akun semrush terlebih dahulu untuk melakukan riset backlink.


Cara Alternatif Cek Backlink Di Semrush

Bagi kalian yang mungkin malas untuk cek backlink di semrush dengan mengunjungi websitenya, ada ekstensi semrush yang bisa kalian pasang di chrome.

Sebenarnya ektensi ini berasal dari pihak ketiga dan nantinya akan kembali ke website semrush untuk mengecek backlink.

Tetapi mudahnya kalian hanya tinggal buka suatu website, lalu klik icon ektensi semrush yang ada dipojok kanan, lalu akan terbuka analysis website yang sedang kalian buka tersebut, mudah sekali bukan?

yang jelas ekstensi ini hanya untuk opsi tambahan saja, dan tidak terlalu saya rekomendasikan juga, karena berasal dari pihak ketiga bukan langsung resmi dari semrush.


5. Openlinkprofiler.org

Oke yang selanjutnya adalah openlinkprofiler.org, website yang memang dikhusukan untuk mengecek backlink suatu website.

Saya sebenarnya jarang menggunakan tools dari website yang satu ini, hanya saja tampilan UI yang sangat nyaman untuk dilihat membuat saya ingin mereview website yang satu ini.

Sama seperti tools kebanyakan kalian bisa melihat spesifik dari backlink kompetitor ataupun milik sendiri.

Hanya saja, jika untuk SEO di website yang satu ini memang sangat kurang, karena kurangnya fitur yang membuat sulitnya untuk mengetahui dan memenangkan persaingan di search engine.

Tetapi jika untuk melihat backlink saja, Website yang satu ini sudah sangat mencukupi! dan itu semua gratis!


Kesimpulan

Dari semua tools backlink checker di atas kesemuanya memang sangat bagus dan memiliki keunggulan masing-masing seperti MOZ dengan DA PA nya, Ahrefs dan Ratingnya, dll.

Rekomendasi dari kami google search console jadikanlah patokan untuk mengecek backlink secara pribadi karena sudah sangat lengkap.

Untuk mengecek backlink competitor saya serahkan kepada kalian untuk menggunakan tools manapun, karena tool-tool tersebut sama bagusnya dan semuanya gratis!

Post a Comment

Previous Post Next Post