Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense

cara meningkatkan penghasilan adsense untuk pemula dan master!
Hmm Google adsense, pasti yang terbayang dibenak kita adalah uang dan iklan yang muncul di website ataupun blog kita.

Dan hampir keseluruhan blogger saat ini dari yang baru sampe yang lama, pasti memprimadona kan adsense sebagai sumber penghasilan utama untuk blogger.

Tapi memang realita tidak sesuai dengan ekspektasi, ketika sudah diterima google adsense malah nilai atau uang yang kita dapatkan tidak sesuai ekspektasi.

Tetapi kuncinya adalah bersyukur karena diluar sana masih banyak yang ingin mendapatkan akun adsense dan banyak juga lo yang sampai harus membeli akun adsense dari harga ratusan ribu sampai jutaan!.

Kenapa Penghasilan Adsense Sedikit?

Hmm ini sih sebenarnya ada beberapa faktor dan tentunya akan kita jelaskan di artikel ini, tetapi terkadang banyak orang yang nekat mendaftarkan adsense tapi visitor masih sangat sedikit.

Memang ada kemungkinan diterima, tetapi... penghasilan yang diterima pun akan sedikit, dan mungkin akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk withdraw, jika pengunjungnya tidak ada peningkatan dari waktu ke waktu.

Emang salah ya daftar adsense tapi visitor masih sedikit?

Tidak juga, tetapi jika kalian terlalu mengincar adsense dan melalaikan hal yang lain seperti membangun visitor dan juga tidak membenarkan masalah-masalah yang ada di blog ataupun website kalian, maka kalian salah besar!.

Justru normalnya adsense diterima ketika situs kalian tersebut sudah matang dari segi penampilan dan juga visitor yang memang tidak perlu terlalu banyak, yang jelas sudah mendapatkan visitor organik dari google.

So bagi kalian para blogger, bangun dulu blog dan website kalian secara baik dan benar yak, baru daftar adsense! dan jangan menyerah juga jika terus-terusan ditolak adsense! masih banyak kok alternatifnya!.


Oke kalo begitu kita langsung saja kepada topiknya bagaimana caranya untuk meningkatkan penghasilan adsense yuk simak!


1. Tingkatkan Visitor

Yap ini memang sudah pasti karena jumlah visitor pasti dalam aspek yang normal akan berbanding lurus dengan tingkat pendapatan adsense.

Semakin besar visitornya maka semakin besar juga pendapatan yang kita dapatkan di Adsense, karena dari itu meningkatkan visitor adalah salah satu hal yang bisa dibilang menjadi poin utama untuk meningkatkan visitor.

Ada banyak cara untuk meningkatkan visitor, seperti halnya:
  • Menggunakan Cara Organik
  • Dari Media Sosial
  • Dari Iklan Berbayar
Tentunya masih banyak lagi cara yang bisa kalian lakukan, karena pada poin ini adalah tentang bagaimana meningkatkan penghasilan adsense, maka saya tidak akan terlalu menjelaskan bagaiman cara meningkatkan visitor.

Adsense sendiri mengutamakan visitor yang berasal dari pencarian organik, biasanya visitor yang berasal dari pencarian organik dan melakukan klik pada iklan di situs kita, nilai kliknya akan lebih besar dibanding yang lain pada iklan yang sama.

Dan jangan coba sekali-kali mencurangi adsense dengan mengklik iklan sendiri atau menyuruh orang lain untuk mengklik iklan tersebut.

Adsense biasanya akan menganggapnya sebagai invalid klik, tetapi jika terlalu berlebihan akan berakibat banned bagi akun adsense tersebut, dan ini sangat rawan untuk akun-akun adsense yang baru.


2. Penempatan Iklan Yang Strategis

Yap ini sangat penting untuk meningkatkan penghasilan adsense, buat apa kalau visitor banyak tapi iklan kalian ga strategis dan gabisa dilihat visitor? hasilnya bisa nol besar lo!

Penempatan iklan yang strategis bergantung kepada situs kalian sendiri, jika visitor kalian lebih sering datang ke postingan kalian melalui search engine, maka perbanyaklah optimasi pada postingan kalian tersebut.

Bagaimana Cara Optimasi Iklan Pada Postingan?

Sebenarnya cara ini bergantung lagi kepada device yang dipakai oleh pengunjung, biasanya ada 3 device yang dipakai, yaitu:
  • Mobile
  • Dekstop
  • Tablet
Kalian bisa lihat di google analytics yang mana dari ketiga device tersebut yang paling dominan di situs kalian, bisa juga lebih mudah dengan mudah dengan melihat langsung dashboard blogger, masuk ke tab stats>audience.

Sebenarnya saat ini device yang paling sering dipakai dan terus bertambah adalah mobile, karena memang harganya saat ini lebih terjangkau daripada device yang lain.

Lebih praktis, dan tentunya menghemat waktu juga jika ingin langsung dipakai, banyak alasan juga untuk lebih menggunakan perangkat mobile.

Karena itu kita bisa pukul ratakan bahwa perangkat mobile sedang merajai dan bisa lakukan optimasi pengaturan iklan berdasarkan device tersebut.

Untuk melakukan optimasi iklan pada postingan berdasarkan device yang saya rekomendasikan adalah:
  • 3 Iklan Pada Postingan ( Awal, tengah, Akhir)
  • Pasang auto ads, seperti iklan melayang

Note: Perlu diingat juga penambahan iklan yang terlalu berlebihan akan membuat situs menjadi lemot dan berakibat secara tidak langsung mengurangi visitor

Cara di atas adalah cara yang saya rekomendasikan dan yang saya praktikan juga di situs ini, tetapi jika kalian punya cara yang lebih baik bisa kalian coba sendiri dengan melakukan riset terlebih dahulu.


3. Adsense Experiments

Ini adalah salah satu cara yang saya lakukan untuk meningkatkan penghasilan adsense, dimana kita akan melakukan eksperimen dan dimana jika eksperimen nya berhasil maka kita berhasil meningkatkan penghasilan adsense.

Tetapi tentu saja bisa saja kita gagal dan malah berkurang penghasilan adsensenya, tetapi tenang saja karena fitur ini memang diberikan oleh adsense sendiri, maka walaupun hasil adsense berkurang dengan konfigurasi baru, maka akan kembali ke konfigurasi awal pada periode selanjutnya.

Di adsense kalian bisa mengunjungi Tab Optimization> Experiments, di sub menu tersebut kalian akan disuguhkan 2 metode experiment, yaitu:

  • Blocking Control
  • Ad Balance

a. Blocking Control

Untuk Blocking Control sendiri, seperti eksperimen untuk membatasi iklan mana saja yang muncul di blog sobat, jadi ketika kita sudah tau demografi ataupun kebiasaan dari pengunjung blog kita.

Kita bisa memblok iklan yang tidak perlu, sehingga iklan yang keluar akan lebih efektif dan peluang diklik pun akan lebih tinggi.

Untuk Blocking Control Sendiri ada 3 setting yang bisa dibatasi, yaitu:

  • General ad Categories
  • Sensitive ad Categories
  • Ad Serving

Dari ketiga di atas kalian bisa melakukan eksperimen dan jika kalian merasa lebih optimal ketika melakukan batasan terhadap iklan, maka kalian bisa memilih otomatis atau manual hasil dari eksperimen nya.

b. Ad Balance

Oke kita masuk ke fitur eksperimen yang kedua, yaitu ad balance dimana di adbalance ini kita bisa mengatur berapa banyak potensial ads yang akan ditampilkan.

Selain bisa mengatur jumlah potensial ads yang akan ditampilkan, pihak adsense sendiri masih memberikan perkiraan penghasilan yang akan didapatkan.

Tentunya itu hanya perkiraan dari pihak adsense saja, realitanya kita harus melakukan eksperimen sendiri.

Teorinya jika potensial ads diperkecil maka nilai klik iklan akan semakin besar, karena iklan yang muncul akan difilter yang akan memicu klik.

Tetapi kalian juga tidak perlu khawatir, karena fitur ini adalah eksperimen, hasilnya akan terlihat jika eksperimennya gagal, maka settingan sebelumnya yang akan dipakai.


Oke di atas adalah cara untuk meningkatkan penghasilan google adsense kalian, sebenarnya masih ada beberapa lagi cara untuk meningkatkan penghasilan adsense, mungkin akan saya bagikan lagi di kemudian hari :)

Post a Comment

Previous Post Next Post